Yuk cari tahu lebih banyak tentang ninja, mata-mata Jepang yang juga petarung handal

Minggu, 09 Agustus 2020 | 10:10 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Yuk cari tahu lebih banyak tentang ninja, mata-mata Jepang yang juga petarung handal


EDUKASI -  Mungkin Anda pernah menonton seri kartun Ninja Hatori atau Naruto. Dua kartun asal Jepang tersebut mengangkat tema kehidupan ninja dengan alur yang menarik. 

Alur cerita yang seru membuat banyak penonton kagum dengan kehebatan ninja. Sebenarnya ninja itu seperti apa? Apakah benar-benar bisa menggunakan teknik seperti di seri Naruto atau Ninja Hatori?

Bersumber dari Japan-guide.com, ninja adalah prajurit yang juga ada saat jaman samurai. Ninja muncul pertama kali di awal abad ke 11 di daerah Iga dan Koka. 

Daerah Iga dan Koka merupakan pusat dari para ninja. Skill bela diri di dua wilayah ini sangat terkenal. Pada era tersebut, banyak bangsawan yang menyewa ninja Iga dan Koka untuk bertempur. 

Baca Juga: Masih belum berpengalaman, ini 5 tips parenting yang penting orangtua ketahui

Di abad 17, tepatnya saat zaman Edo, ninja banyak disewa untuk melakukan tugas pengintaian. Tokugawa shoguns meminta para ninja untuk mengawasi para bangsawan dan menjaga Kastil Edo. 

Karena bertugas sebagai mata-mata dan juga pembunuh, ninja harus memiliki berbagai skill. Para ninja dibekali berbagai kemampuan bela diri serta kemampuan bertahan hidup. 

Dikutip dari Ancient History, ninja setidaknya menguasai 18 jenis seni bela diri yang berbeda. 18 seni bela diri ini dikenal sebagai ninjutsu atau seni bela diri ninja. Beberapa teknik bela diri ninja tersebut serupa dengan Judo, Jujutsu, dan Kendo.

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru