4 Bahan alami ini bisa menghilangkan kapalan

Jumat, 20 November 2020 | 14:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Bahan alami ini bisa menghilangkan kapalan


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kapalan terjadi saat kulit mengalami tekanan yang berulang. Bagian luar kulit yang mengeras terjadi karena tubuh berusaha untuk menghindari. Meski tak berbahaya, cara menghilangkan kapalan tetap perlu Anda lakukan agar kemunculannya tak merusak penampilan.

Air Hangat

Healthline (healthline.com) merekomendasikan cara menghilangkan kapalan dengan merendamnya di air hangat selama 20 menit. Anda bisa mengulangi cara ini selama beberapa kali sampai kapalan yang keras menjadi lunak.

Setelah merendam bagian kulit yang mengeras dalam air hangat, keringkan bagian kulit itu dengan handuk bersih. Setelah itu, cobalah untuk membersihkan kapalan. Cara ini dinilai sangat aman untuk membersihkan kulit Anda yang kapalan.

Cuka Apel

Bahan alami lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kapalan adalah cuka apel. Zat asam dalam cuka apel bisa dimanfaatkan untuk melunakkan kulit yang mengeras. Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah.

Baca Juga: 5 Perawatan wajah pria ini layak untuk dicoba

Pertama, campurkan cuka apel bersama air dengan perbandingan 4:1. Setelah itu, rendam bagian kulit yang mengeras selama 20 menit. Selanjutnya, keringka bagian kulit tersebut dan bersihkan kapalan yang sudah lunak.

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah bagaimana cara Anda membersihkan kapalan. Usahakan untuk tidak membersihkannya secara kasar. Jika Anda membersihkan kapalan terlalu keras, hal itu bisa melukai bagian kulit yang lain sehingga bisa menyebabkan infeksi.

Minyak Jarak

Cara menghilangkan kapalan selanjutnya juga bisa Anda coba dengan memakai minyak jarak atau castor oil. Mengutip dari Healthline, minyak jarak memilik pelumas kulit alami yang membuat kapalan mudah lepas.

Sama seperti cuka apel, Anda perlu mencampur minyak jarak dengan air terlebih dahulu. Campurkan lima sdm minyak jarak dengan air lalu rendam kapalan dalam campuran tersebut. Selain menghilangkan kapalan, minyakjarak juga akan menyejukkan kulit di sekitarnya.

Baca Juga: 4 Cara terbaik menghilangkan bau kaki

Tea Tree Oil

Selain cara-cara di atas, kapalan juga bisa Anda atasi dengan menggunakan tea tree oil. Hal itu disebabkan karena adanya kandungan antibakteri, antijamur, dan antiseptik alami. Anda bisa mencampurkan beberapa tetes tea tree oil pada air hangat dalam baskom.

Setelah itu, rendam kapalan dalam campuran tersebut. Namun, pastikan untuk tidak merendam kapalan selama lebih dari 15 menit. Jika Anda melakukannya, dikhawatirkan kulit Anda bisa iritasi dan mengalami kerusakan.

Selanjutnya: Cara mengencangkan kulit wajah bisa pakai 4 bahan alami ini

Editor: Belladina Biananda


Terbaru