4 Cara menghilangkan noda oli di baju yang efektif

Jumat, 18 Desember 2020 | 12:11 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara menghilangkan noda oli di baju yang efektif


RUMAH TANGGA - Ada beberapa cara menghilangkan noda oli di baju yang bisa Anda lakukan. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun mudah untuk didapat karena berada di sekitar Anda.

Mulai dari menggunakan lidah buaya, penghapus cat kuku, hingga deterjen. Cara menghilangkan noda oli di baju bisa Anda lakukan dengan bahan-bahan berikut:

Lidah buaya

Dikutip dari Tipsbulletin.com, lidah buaya mengandung senyawa bioaktif yang bisa menghilangkan noda oli di baju Anda, yakni asam amino. Asam amino akan bereaksi dengan oli sehingga lebih mudah bagi Anda untuk menghilangkan noda itu.

Selain menghilangkan oli dari baju, lidah buaya juga bisa Anda manfaatkan untuk menghapus noda krayon di dinding. Caranya, oleskan lidah buaya pada noda yang ingin Anda hilangkan. Setelah itu, gosok menggunakan sikat gigi.

Namun, jangan gosok terlalu kuat karena bisa menyebabkan bahan rusak. Selanjutnya, rendam baju selama satu jam kemudian cuci menggunakan air hangat atau panas. Setelah dijemur hingga kering, Anda akan mendapati noda oli sudah hilang dari baju Anda.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan noda tinta di baju dengan bahan yang mudah ditemukan

Bedak bayi

Bedak bayi bisa jadi cara menghilangkan noda oli di baju.

Cara menghilangkan noda oli di baju juga bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan bedak bayi. Langkah yang perlu Anda lakukan sangat mudah, cukup taburkan bedak bayi di atas noda oli. Setelah beberapa saat, segera cuci baju seperti biasa.

Jika noda oli tetap tak hilang, Anda bisa mengulangi cara tersebut. Jangan lupa untuk menggosoknya dengan deterjen. Jika Anda ingin bau oli ikut hilang, Anda bisa mengganti bedak bayi menggunakan baking soda.

Sabun cuci piring

Noda oli di baju juga bisa Anda hilangkan dengan memakai sabun cuci piring. Caranya, gosok noda oli menggunakan sikat gigi yang sudah diberi sabun cuci piring. Setelah itu, diamkan selama dua jam kemudian cuci seperti biasa.

Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa merendamnya terlebih dahulu setelah disikat dengan sabun cuci piring. Rendam baju ke dalam campuran ½ sdm deterjen dan 1 galon air hangat.

Namun, Anda tetap perlu memerhatikan instruksi yang menempel di baju supaya bahannya tidak rusak.

Baca Juga: Moms, ini 5 cara mudah menghilangkan noda tinta di baju

Sampo

Dilansir dari Tipsbulletin.com, sampo mengandung surfaktan yang memudahkan Anda untuk menghilangkan noda oli di baju. Caranya, campurkan 1 sdm sampo dengan 1 sdm air. Gunakan campuran itu pada noda oli.

Diamkan selama beberapa saat kemudian cuci baju seperti biasa. Anda mungkin tak bisa menghilangkan noda oli hanya dengan satu kali pencucian.

Jadi, cobalah untuk melakukan cara tersebut beberapa kali sampai noda oli benar-benar hilang.

Selanjutnya: Noda hitam bekas jerawat sangat mengganggu, coba hilangkan dengan cara ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru