4 Cara mengusir kecoa menggunakan bahan alami, Anda bisa coba

Senin, 11 Oktober 2021 | 18:20 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara mengusir kecoa menggunakan bahan alami, Anda bisa coba

KONTAN.CO.ID - Bagi sebagian orang, kecoa adalah salah satu jenis serangga yang menjijikkan. Tak perlu khawatir, cara mengusir kecoa bisa pakai bahan alami.

Sebab, kecoa juga bisa menyebarkan penyakit sehingga keberadaannya perlu dihilangkan dari tempat tinggal Anda. Sebelum mengenal bahan alami apa saja yang bisa Anda pakai, ada bahan lain yang sekiranya dapat Anda coba, yakni, bubuk sodium boraks.

Supaya lebih efektif, Anda perlu mencampur bubuk sodium boraks dan gula dengan perbandingan yang sama. Tebarkan campuran bubuk sodium boraks dan gula di tempat-tempat yang berpotensi jadi sarang kocoa.

Selain bubuk sodium boraks dan gula, tentunya masih banyak bahan alami lain yang bisa jadi pilihan sebagai cara mengusir kecoa. Mulai dari bawang merah, cuka, daun salam, dan lain-lain.

Cuka

Cuka bisa membantu Anda membersihkan kecoa di rumah, lo. Cockroach Facts menyebutkan, Anda bisa melakukannya dengan mencampur cuka dan tea tree oil serta cedar oil. Semprotkan campuran itu pada kecoa yang muncul di rumah Anda.

Baca Juga: Perangkap untuk mengusir kecoa ini mudah dibuat, begini cara bikinnya

Bawang merah

Cara mengusir kecoa berikutnya adalah dengan memanfaatkan bawang merah. Selain mudah didapat, cara yang perlu Anda lakukan pun tidak sulit.

Anda hanya perlu memotong bawang merah menjadi bentuk dadu lalu tambahkan baking soda. Masukkan campuran bawang merah dan baking soda itu dalam sebuah wadah terbuka.

Kemudian, tempatkan di beberapa sudut rumah. Nantinya, kecoa berpikir bahwa bawang merah dan baking soda itu adalah makanan.

Baca Juga: Cara mengusir nyamuk dari rumah secara alami dan menggunakan obat

Selai kacang

Selain memiliki rasa yang lezat, selai kacang juga bisa jadi cara mengusir kecoa, lo. Anda hanya perlu menggabungkan ½ gelas selai kacang dengan 1/8 gelas bubuk asam boraks.

Sebarkan campuran itu di beberapa titik. Pastikan untuk menghindarkannya dari anak-anak atau hewan peliharaan, ya.

Daun salam

Cara mengusir kecoa bisa pakai daun salam.

Daun salam jadi bahan alami berikutnya yang bisa Anda pakai untuk membasmi kecoa di rumah. Manfaat daun salam itu berasal dari aromanya yang khas dan cukup menyengat.

Caranya, letakkan daun salam di beberapa bagian rumah. Pastikan untuk membersihkan tempat daun salam supaya aroma yang keluar tak terganggu.

Selanjutnya: Mudah! 4 Cara membasmi kecoak, tikus, semut hingga rayap dari rumah

Editor: Belladina Biananda
Terbaru