4 Dampak Covid-19 terburuk yang bisa Anda alami, hati-hati!

Selasa, 23 Februari 2021 | 22:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Dampak Covid-19 terburuk yang bisa Anda alami, hati-hati!

KONTAN.CO.ID - Meski persentase pasien terinfeksi virus corona yang meninggal rendah, bukan berarti Anda bisa menyepelekan penyakit ini. Ada banyak dampak Covid-19 yang perlu Anda waspadai.

Salah satu dampaknya disebut dengan gejala “long hauler”. Sindrom “long hauler” adalah gejala Covid-19 yang masih dirasakan pasien meski sudah dinyatakan sembuh dari penyakit itu.

Mengutip dari Eatthis.com, sindrom tersebut dirasakan oleh 10% hingga 80% pasien Covid-19.

Sesak napas dan kemampuan fungsi indra penciuman serta pencecap yang menurun hanya sebagian kecil dari dampak infeksi virus corona.

Penelitian yang dilakukan oleh profesor di Indiana University, Natalie Lambert, Ph.D menunjukkan, ada dampak terburuk yang bisa Anda rasakan akibat Covid-19.

Gejala neurologis

Salah satu dampak Covid-19 terburuk adalah gejala neurologis. Ini bisa mengganggu sistem-sistem dalam tubuh Anda sehingga mengganggu aktivitas Anda secara keseluruhan. Maka dari itu, pencegahan Covid-19 wajib untuk Anda lakukan.

Baca Juga: Inilah panduan untuk rehabilitasi pasien Covid-19 yang masih mengalami gejala

Gangguan memori

Dampak selanjutnya yang dialami oleh pasien Covid-19 adalah “barin fog”. Ini adalah salah satu kondisi yang mengganggu memori Anda. Anda akan kesulitan untuk berpikir, mengingat kata, menulis, atau hal lain yang biasanya mudah untuk Anda lakukan.

Kesulitan berjalan

Melansir Eatthis.com, infeksi virus corona dapat menyebabkan anggota tubuh mati rasa. Artinya, Anda akan kesulitan untuk berjalan atau menggerakkan bagian tubuh yang lain.

Hal itu tentu saja dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, apalagi aktivitas yang membutuhkan banyak gerakan tubuh.

Baca Juga: 22 Gejala virus corona tidak biasa menurut WHO, waspada!

Sakit kepala

Meski banyak orang yang mengalaminya, sakit kepala akibat infeksi virus corona cukup berbeda. Nyeri yang muncul akibat sakit kepala terasa lebih ekstrem hingga mengganggu aktivitas yang perlu Anda lakukan.

Jika Anda mengalami gejala Covid-19 tersebut, tetap lakukan konsultasi dengan dokter supaya kondisi kesehatan tak semakin parah. Selain itu, pastikan untuk terus menerapkan protokol kesehatan secara disiplin.

Batasi kegiatan di luar rumah, jaga jarak dengan orang lain, pakai masker dengan cara yang benar, dan rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Selain itu, pastikan untuk menjaga kebersihan lingkungan Anda dan lakukan hal-hal yang bisa menjaga sistem imun tubuh, seperti olahraga atau mengonsumsi makanan bergizi.

Selanjutnya: Jangan sampai salah! Ini 3 cara pakai masker yang bagus untuk cegah Covid-19

Editor: Belladina Biananda


Terbaru