4 Manfaat daun pandan untuk kesehatan tubuh, bisa turunkan darah tinggi

Selasa, 15 Desember 2020 | 17:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Manfaat daun pandan untuk kesehatan tubuh, bisa turunkan darah tinggi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Daun pandan adalah bahan alami yang biasanya digunakan sebagai pewangi makanan sehingga cita rasa hidangan semakin lezat. Selain itu, manfaat daun pandan juga bisa Anda gunakan untuk menjaga kesehatan tubuh Anda, lo.

Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu kondisi tubuh yang perlu segera diatasi. Jika tidak, Anda akan berisiko terkena penyakit kardiovaskular. Mulai dari stroke, serangan jantung, dan sakit jantung lainnya.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari risiko-risiko tersebut. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi pandan secara rutin. Modest Pie (modestpie.com) mengatakan bahwa kandungan dalam pandang akan meringankan gejala tekanan darah tinggi secara alami.

Mengontrol Gula Darah

Tak hanya penderita darah tinggi, manfaat daun pandan juga bisa dirasakan oleh penderita diabetes. Salah satu kandungan dalam daun pandan yang bernama antihiperglikemik dapat mengurangi gula darah secara efektif.

Baca Juga: 8 Manfaat mentimun untuk kesehatan tubuh Anda

Menurut sebuah penelitian yang melibatkan tikus percobaan, ekstrak daun pandan mampu menstimulasi sekresi insulin. Hasil penelitian itu menunjukkan bahwa penderita diabetes sebaiknya mengonsumsi daun pandan secara rutin.

Menyehatkan Rambut dan Kulit

Tahukah Anda bahwa daun pandan bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut? Mengutip dari Modest Pie, bahan alami tersebut mampu mengatasi sunburn atau kulit yang terbakar sinar matahari.

Selain itu, daun pandan juga mampu mengatasi rambut kering dan ketombe yang muncul di kulit kepala Anda. Masalah tersebut bisa teratasi dengan penggunaan daun pandan secara rutin bersama dengan sampo yang biasa Anda pakai.

Mengatasi Insomnia

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi insomnia adalah dengan memakai daun pandan. Bahan alami ini memiliki kandungan alkaloid yang memberikan efek menenangkan pada tubuh manusia.

Baca Juga: Ini manfaat daun salam sebagai obat herbal yang efektif menumpas penyakit

Anda bisa mencampur 1 sdt madu dengan air rebusan daun pandan. Minumlah campuran itu dalam keadaan hangat. Selain mengatasi insomnia, efek menenangkan dari daun pandan juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi sakit kepala dan kecemasan.

Jika Anda merasa cemas, coba minum air rebusan daun pandan. Pertama, cuci dua lembar daun pandan lalu potong-potong menjadi ukuran yang lebih kecil. Rebus potongan daun itu hingga mendidih. Setelah dingin dan disaring, minum air rebusan itu sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari.

Selanjutnya: Air seduhan mengkudu efektif menurunkan tekanan darah tinggi Anda

Editor: Belladina Biananda


Terbaru