4 Manfaat lidah buaya untuk wajah, bisa jadi obat jerawat

Rabu, 21 Juli 2021 | 11:04 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Manfaat lidah buaya untuk wajah, bisa jadi obat jerawat

ILUSTRASI. Ada banyak manfaat lidah buaya untuk wajah yang bisa Anda dapat.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak manfaat lidah buaya untuk wajah yang bisa Anda dapatkan. Alasannya karena bahan alami itu mengandung berbagai macam vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang efektif menjaga kesehatan kulit.

Mengutip dari MBG Lifestyle (mindbodygreen.com), lidah buaya mengandung banyak air. Artinya, memakai lidah buaya dapat menjaga kelembaban kulit secara optimal. Saat digunakan pada kulit secara langsung, jumlah air di permukaan kulit pun bertambah.

Selain memberikan manfaat tersebut, masih banyak manfaat lain yang bisa Anda dapat dari menggunakan lidah buaya. Namun, jangan lupa untuk melakukan uji coba dulu, ya. Jika kulit tak iritasi atau muncul reaksi alergi yang lain, Anda bisa melanjutkan pemakaian.

Obat Jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang dialami oleh hampir semua orang. Jika Anda salah satunya, cobalah untuk mengatasi masalah kulit itu dengan lidah buaya. Antimikroba, antiinflamasi, dan asam salisilat yang terkandung dalam lidah buaya cocok digunakan untuk pemilik tipe kulit mudah berjerawat.

Baca Juga: 4 Efek samping saffron ini perlu Anda waspadai, apa saja?

Menyamarkan Noda Hitam

Manfaat lidah buaya untuk wajah selanjutnya adalah bahan alami tersebut cocok digunakan untuk menyamarkan noda hitam. Ada banyak faktor penyebab masalah kulit itu. Mulai dari paparan sinar matahari, bekas jerawat, dan lain sebagainya.

Menurut sebuah penelitian, noda hitam di kulit berkurang saat partisipan menggunakan lidah buaya empat kali sehari selama 15 hari. Hasil penelitian yang lain menunjukkan bahwa penggunaan lidah buaya dapat menurunkan produksi melanin sehingga noda hitam pun dapat hilang.

Mengurangi Tanda Penuaan

Seiring bertambahnya usia, ada banyak tanda-tanda penuaan yang muncul di kulit. Sayangnya, kondisi kulit yang kering dan kurang terawat dapat memicu kemunculan tanda penuaan dini. Supaya masalah itu dapat Anda hindari, cobalah untuk rutin menggunakan lidah buaya.

Melansir MBG Lifestyle, memakai lidah buaya dapat meningkatkan produksi kolagen. Artinya, elastisitas kulit dapat terjaga. Seperti yang telah dikatakan pula, lidah buaya bisa mengunci kelembaban kulit. Dengan begitu, kerutan dan tanda penuaan lain dapat Anda hindari.

Baca Juga: Efek samping lidah buaya bisa ganggu kesehatan tubuh, apa saja?

Menenangkan Kulit

Salah satu manfaat lidah buaya untuk wajah adalah menenangkan kulit akibat paparan sinar matahari.

Menangkan kulit akibat paparan sinar matahari jadi manfaat lidah buaya untuk wajah selanjutnya yang bisa Anda dapatkan. Antiinflamasi yang terdapat dalam lidah buaya efektif mencegah masalah kulit yang lebih parah akibat paparan sinar matahari.

Tidak berhenti sampai di situ, lidah buaya juga mengandung antioksidan. Nah, kandungan itu mampu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan. Namun, jika efek paparan sinar matahari di kulit tak kunjung sembuh, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter, ya.

Selanjutnya: Cocok jadi obat sakit kepala, ini 4 manfaat daun sirih

Editor: Belladina Biananda
Terbaru