5 Buah yang Ampuh Menyembuhkan Sariawan

Minggu, 25 Juli 2021 | 14:30 WIB   Reporter: Helvana Yulian
5 Buah yang Ampuh Menyembuhkan Sariawan

KONTAN.CO.ID - Makan buah untuk mengobati sariawan agar cepat hilang adalah solusi yang mudah. Sebab, buah kaya akan vitamin dan mineral. Namun perlu diingat, tidak semua buah bisa untuk menyembuhkan sariawan. 

Banyak orang menganggap buah untuk menyembuhkan sariawan adalah yang bersifat asam. Padahal, buah-buahan asam, seperti jeruk, jeruk nipis, atau lemon dapat memperparah sariawan karena mengandung asam sitrat, dikutip dari web Healthline.

Jika asam sitrat menyentuh sariawan, alih-alih sembuh, sariawan justru semakin sakit dan proses penyembuhannya pun tambah lama.

Baca Juga: Kenali 5 bahan alami dan manfaatnya untuk perawatan kulit

Berikut beberapa buah-buahan yang ampuh untuk menyembuhkan sariawan.

1. Belimbing 

Buah belimbing merupakan salah satu buah yang dapat mencegah sariawan menurut buku Terapi Jus Buah & Sayur yang ditulis dr. Titi Sekarindah, MS. Sp GK dan Hartin Rozaline. Belimbing kaya akan potasium, zat besi, karotenoid, dan vitamin C.

2. Jambu Biji

Kandungan vitamin C dalam buah jambu biji sangat tinggi. Dalam 100 g jambu biji mengandung 273 mg vitamin C sehingga baik dikonsumsi oleh penderita sariawan atau stomatitis. Selain itu, jambu biji juga mengandung zat besi, seng, dan potassium yang cukup tinggi.

Baca Juga: Cek beberapa Jenis makanan yang cocok untuk diet sehat

3. Mangga

Kandungan mineral dalam mangga cukup tinggi, terdiri atas potasium, magnesium, kalsium dan selenium. Begitu pun vitaminnya, dalam buah mangga terdapat vitamin B1, B2, Vitamin C, hingga asam folat. Kandungan dalam manga ini ampuh untuk menyembuhkan sariawan.

4. Pepaya

Makan pepaya bisa membuat sariawan sembuh tanpa rasa perih. Manfaat lain dari pepaya juga bisa melancarkan saluran pencernaan. Tekstur papaya cukup lembut sehingga bisa dikonsumsi langsung jika kamu sedang sariawan.

5. Tomat

Selain dimakan langsung atau dibuat jus, anda juga bisa menempelkan tomat di sariawanmu untuk membantu meredakannya. Tomat mengandung vitamin A dan C yang dapat mencegah sariawan. 

Nah, jangan menggunakan obat tetes untuk menyembuhkan sariawan. 

Selanjutnya: Moms, Ini 5 Buah yang Bisa Membantu Menurunkan Kolesterol

Editor: Helvana Yulian
Terbaru