5 Cara meningkatkan konsentrasi dalam bekerja, bagi yang sering kurang fokus

Selasa, 09 Agustus 2022 | 20:00 WIB   Penulis: Mega Putri
5 Cara meningkatkan konsentrasi dalam bekerja, bagi yang sering kurang fokus


KONTAN.CO.ID - Mulai 11 Januari, 75% karyawan di Jawa dan Bali mesti bekerja dari rumah. Jangan sampai pekerjaan Anda terganggu, ada banyak cara untuk meningkatkan konsentrasi bekerja 

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) telah pemerintah tetapkan mulai 11 Januari hingga 25 Januari. Tujuan kebijakan ini untuk mencegah penularan Covid-19. 

Peraturan baru PPKM tersebut akan membuat orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Apalagi, untuk 75% karyawan yang mulai work from home (kerja dari rumah). 

Seringkali, bekerja di rumah menjadi tantangan tersendiri bagi yang tidak terbiasa melakukannya. Ini dapat berakibat pada kurangnya konsentrasi dalam bekerja. 

Jangan sampai pekerjaan Anda terganggu, ada banyak cara untuk meningkatkan konsentrasi bekerja menurut Kementerian Ketenagakerjaan. Apa saja?

Baca Juga: 6 Tindakan Pencegahan agar Smartphone Anda Tidak Meledak dan Terbakar

Kurangi penggunaan smartphone

Salah satu cara meningkatkan konsentrasi bekerja adalah meminimalisir penggunaan smartphone. Ponsel Anda mungkin membantu dalam proses menyelesaikan pekerjaan. 

Namun, terlalu sering menggunakan smartphone untuk hal yang tidak berhubungan dengan pekerjaan dapat mengganggu konsentrasi Anda. Sebaiknya batasi penggunaan smartphone.

Atur target pekerjaan

Seringkali, Anda mengerjakan banyak pekerjaan langsung dengan harapan dapat menyelesaikan banyak hal dalam satu waktu. Namun, itu justru mengganggu konsentrasi bekerja. 

Salah satu cara meningkatkan konsentrasi bekerja adalah mengatur target pekerjaan yang akan diselesaikan. Kerjakan satu hal pada satu waktu hingga pekerjaan tersebut selesai lalu berpindah ke pekerjaan lain.

Lakukan meditasi secara teratur

Meditasi yang teratur juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi bekerja. Meditasi sendiri dapat memberikan efek positif untuk menenangkan pikiran, atasi stres, dan mengatur nafas.

Meditasi dapat dilakukan dengan cara mudah di tempat bekerja. Luangkan waktu sejenak untuk menarik nafas melalui hidung dan membuangnya perlahan lewat mulut, buat tubuh rileks dan buang pikiran negatif.

Baca Juga: Hari Kucing Sedunia, YouTube Mempermudah Pengguna Temukan Video Tentang Kucing

Memperlancar suplai oksigen ke otak

Otak sangat penting bagi konsentrasi bekerja sehari-hari. Salah satu yang mengganggu kerja otak adalah kurangnya suplai oksigen ke dalam bagian tubuh ini.

 Menurut situs Livestrong.com, cara meningkatkan oksigen ke otak adalah berjalan kaki setiap hari dengan kecepatan normal. 

Peregangan otot secara berkala

Lakukan perengangan otot secara berkala. Ini adalah salah satu tips meningkatkan konsentrasi bekerja yang dapat dilakukan dengan mudah di rumah. Apalagi untuk yang terlalu sering duduk dalam waktu lama. 

Lakukan gerakan peregangan otot yang ringan pada pinggul, punggung, tangan, dan kaki. Peregangan otot secara berkala juga dapat menghilang nyeri pada tubuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Mega Putri

Terbaru