5 Makanan penyebab vertigo yang Anda wajib hindari

Senin, 01 November 2021 | 19:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Makanan penyebab vertigo yang Anda wajib hindari


KESEHATAN - Vertigo bisa jadi salah satu penyakit yang cukup membahayakan. Ada berbagai cara biar gejalanya berkurang, salah satunya dengan menghindari makanan penyebab vertigo.

Mengutip dari Live Strong, vertigo merupakan penyakit yang bersumber dari masalah di bagian dalam telinga. Meski bisa dialami oleh siapa saja, vertigo lebih banyak dialami oleh wanita.

Ada banyak faktor mengapa muncul masalah di bagian dalam telinga. Mulai dari kotoran telinga yang menyumbat hingga infeksi. Selain membuat pusing, keseimbangan tubuh Anda pun terganggu akibat vertigo. 

Nah, selain membatasi konsumsi jenis-jenis makanan berikut, Anda tetap perlu berkonsultasi ke dokter, ya. Apalagi jika gejala vertigo terus Anda alami dalam jangka waktu lama.

Garam

Garam adalah salah satu jenis makanan penyebab vertifgo yang sebaiknya Anda hindari. Natrium yang terkandung dalam garam akan memperparah vertigo.

Maka dari itu, Anda perlu membatasi konsumsi makanan yang mengandung banyak garam, seperti keripik, makanan kaleng, keju, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 5 Cara mengatasi susah tidur ini perlu Anda praktikkan

Makanan manis

Makanan manis bisa jadi makanan penyebab vertigo.

Supaya gejala vertigo tak bertambah parah, cobalah untuk menghindari konsumsi makanan manis dalam porsi besar. Bukan tanpa alasan, makanan manis bisa meningkatkan jumlah cairan di telinga yang mengganggu keseimbangan tubuh Anda.

Kafein

Tahukah Anda bahwa kafein juga tak baik untuk penderita vertigo? Ada banyak jenis makanan dan minuman yang mengandung kafein, misalnya cokelat, kopi, dan minuman bersoda.

Selain memperparah vertigo, kafein juga bisa menyebabkan efek samping lain, jadi sebaiknya batasi konsumsinya, ya.

Baca Juga: Tanpa obat, ini cara mengatasi sakit perut akibat begah

Makanan pemicu inflamasi

Makanan penyebab vertigo berikutnya, menurut Live Strong, beberapa jenis makanan yang memicu inflamasi. Yakni, gorengan, daging merah, daging olahan, roti, margarin, dan lain sebagainya.

Makanan yang mengandung tiramin

Yogurt termasuk makanan penyebab vertigo karena mengandung tiramin.

Tiramin adalah asam amino yang dapat memicu migrain dan kondisi lain yang berhubungan dengan vertigo.

Ada banyak jenis makanan yang mengandung tiramin dan sebaiknya Anda batasi. Mulai dari daging asap, jeroan ayam, cokelat, yogurt, hingga buah sitrus.

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang perlu Anda hindari untuk meredakan gejala vertigo. Jangan lupa untuk membicarakan kondisi Anda dengan dokter. Usahakan pula untuk minum obat yang disarankan dokter secara teratur.

Selanjutnya: 5 Bahan alami ini bisa jadi obat sakit kepala, terbukti secara ilmiah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru