5 Manfaat buah alpukat baik untuk kesehatan tubuh Anda, lo

Rabu, 26 Mei 2021 | 10:02 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Manfaat buah alpukat baik untuk kesehatan tubuh Anda, lo

ILUSTRASI. Anda bisa mendapat banyak manfaat buah alpukat jika mengonsumsinya secara rutin.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak manfaat buah alpukat yang bisa Anda dapat. Bukan tanpa alasan, manfaat yang Anda dapat berasal dari lebih dari 20 vitamin dan mineral dalam jenis buah itu. Tidak berhenti sampai di situ, alpukat juga memiliki asam lemak tak jenuh tunggal yang cukup tinggi.

Artinya, mengonsumsi alpukat secara rutin baik untuk kesehatan tubuh Anda. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi alpukat dapat menurunkan risiko berbagai jenis penyakit, misalnya, obesitas, penyakit jantung, dan lain-lain.

Mengonsumsi alpukat juga mampu menambah energi dan menjaga kesehatan rambut. Jadi, tidak ada salahnya untuk memasukkan alpukat dalam menu sehat yang Anda konsumsi sehari-hari. Namun, jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, usahakan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi alpukat.

Mencegah Osteoporosis

Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), 25% kebutuhan vitamin K harian Anda bisa terpenuhi dengan mengonsumsi ½ buah alpukat. Jenis vitamin itu mampu meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh sehingga kekuatan tulang dapat terjaga.

Baca Juga: Cara menurunkan berat badan secara cepat tanpa membahayakan kesehatan

Menurunkan Risiko Depresi

Manfaat buah alpukat selanjutnya adalah menurunkan risiko depresi. Folat yang terkandung dalam alpukat mampu memperlancar distribusi nutrisi ke otak. Selain itu, alpukat juga mampu menurunkan produksi homocysteine yang mengganggu produksi serotonin, hormon yang berpengaruh pada mood atau perasaan.

Baik untuk Jantung

Salah satu manfaat buah alpukat adalah menjaga kesehatan jantung Anda.

Medical News Today mengatakan bahwa kesehatan jantung Anda bisa terjaga dengan mengonsumsi alpukat secara rutin. Kandungan dalam buah alpukat dapat menurunkan jumlah kolesterol dalam darah. Dengan begitu, aliran darah menjadi lebih lancar sehingga kondisi jantung pun tetap sehat.

Makanan untuk Ibu Hamil

Seperti yang telah dikatakan, alpukat memiliki kandungan folat. Nah, mengonsumsi folat saat hamil baik untuk kesehatan ibu dan janin dalam kandungan. Bahkan, konsumsi folat dapat menurunkan risiko keguguran dan cacat lahir.

Baca Juga: Cari obat herbal kolesterol? Coba 5 bahan alami ini

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat buah alpukat berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah kemampuannya menjaga kesehatan mata. Hal itu berasal dari kandungan lutein dan zeaxanthin yang berperan sebagai antioksidan. Lutein dan zeaxanthin akan menjaga mata dari risiko kerusakan efek sinar UV.

Asam lemak tak jenuh tunggal dalam buah alpukat juga memiliki efek serupa. Rutin mengonsumsi alpukat dapat menurunkan risiko degenerasi makula atau gangguan penglihatan yang dialami oleh orang tua.

Selanjutnya: 6 Manfaat terong untuk kesehatan: menurunkan berat badan sampai darah tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru