5 Penyebab Alzheimer, Perlu Diwaspadai Sejak Muda!

Rabu, 27 April 2022 | 15:15 WIB   Reporter: Helvana Yulian
5 Penyebab Alzheimer, Perlu Diwaspadai Sejak Muda!


KONTAN.CO.ID - Alzheimer menjadi salah satu jenis demensia yang memengaruhi memori, pemikiran, dan perilaku pengidapnya.

Usia, keturunan atau genetik, jenis kelamin, kesehatan jantung, dan cedera kepala jadi beberapa penyebab Alzheimer yang perlu diwaspadai

Hal itu kemudian bisa memengaruhi cara berpikir yang mengarah menjadi Alzheimer. Penyebab lain adalah faktor genetik, yaitu terjadi mutasi pada gen yang diwarisi dari orang tua.

Risiko Alzheimer di usia muda menjadi lebih tinggi pada orang yang memiliki orangtua atau anggota keluarga dengan riwayat penyakit yang sama. 

Dilansir dari Alzheimer’s Association dan National Institute of Aging, ada beberapa penyebab alzheimer yang perlu diwaspadai sejak muda, antara lain: 

1. Masalah pada jantung

Penyebab alzheimer yang perlu diwaspadai sejak muda yang pertama adalah ada masalah pada jantung. Ada hubungan terkait antara kesehatan otak dan jantung.

Agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik, otak diberi nutrisi lewat pembuluh darah. Organ jantung yang bertanggung jawab untuk memompa darah melalui pembuluh darah tersebut.

Jika terjadi kerusakan pada jantung, risiko Alzheimer di kemudian hari semakin tinggi.

2. Keturunan atau genetik

Penyebab alzheimer yang perlu diwaspadai sejak muda yang kedua adalah punya keturunan atau genetik. 

Selain disebabkan oleh usia, faktor lainnya juga bisa berasal dari keturunan atau genetik dari garis keluarga.

Mereka yang memiliki orang tua, saudara laki-laki atau perempuan dengan Alzheimer memiliki risiko lebih tinggi untuk mengembangkan penyakit ini di kemudian hari.

3. Jenis kelamin

Penyebab alzheimer yang perlu diwaspadai sejak muda yang ketiga adalah dari jenis kelamin. Wanita berisiko lebih tinggi mengalami Alzheimer ketimbang pria.

Hal tersebut dijelaskan dalam jurnal Sex and Gender Differences in Alzheimer’s Disease Dementia, di mana dua per tiga pengidap yang didiagnosis adalah seorang wanita.

4. Gangguan kognitif ringan

Penyebab alzheimer yang perlu diwaspadai sejak muda yang keempat adalah adanya gangguan kognitif ringan. 

Melansir dari National Institute of Aging, diperkirakan sebanyak 10-20 persen pengidap gangguan kognitif ringan yang berusia di atas 65 tahun mengalami demensia.

Perkembangan gangguan kognitif ringan menjadi Alzheimer membutuhkan waktu selama bertahun-tahun lamanya.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Ketahui 5 Manfaat Semangka untuk Kecantikan

5. Cedera kepala

Penyebab alzheimer yang perlu diwaspadai sejak muda yang kelima adalah cedera kepala. Ada hubungan erat antara cedera kepala dan risiko demensia di kemudian hari.

Oleh karena itu, lakukan upaya pencegahan sejak dini dengan menggunakan helm pengaman, sabuk pengaman, dan jangan melakukan aktivitas yang berisiko membahayakan.

Setelah mengetahui sejumlah penyebab Alzheimer, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menerapkan pola hidup sehat guna menunjang kesehatan otak.

Itulah beberapa penyebab alzheimer yang perlu diwaspadai sejak muda. Sejumlah langkah tersebut dapat dilakukan dengan konsumsi makanan sehat, tetap bersosialisasi, berhenti merokok, dan melatih tubuh serta pikiran tetap aktif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru