5 Penyebab perut buncit, bukan cuma stres

Senin, 14 Juni 2021 | 20:50 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Penyebab perut buncit, bukan cuma stres

KONTAN.CO.ID - Anda perlu mewaspadai penyebab perut buncit. Tak hanya berpengaruh pada penampilan, ukuran perut yang terlalu besar juga tak baik untuk kesehatan.

Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa melakukan cara perawatan yang tepat. Dan, banyak orang yang tidak menyadari bahwa stres dapat menyebabkan perut buncit.

Melansir Insider, tubuh Anda memproduksi lebih banyak kortisol saat stres. Jika hal itu terus terjadi, ada semakin banyak lemak yang menumpuk di bagian perut Anda.

Untuk menghindari hal tersebut, penting bagi Anda untuk mengelola stres dengan baik. Cobalah untuk rajin olahraga, melakukan hobi, atau berkonsultasi dengan dokter jika perlu.

Tidak hanya stres, masih banyak faktor lain yang mengakibatkan perut buncit.

Kondisi hormon

Perubahan hormon dalam tubuh, seperti menopause, berpengaruh pada ukuran perut Anda. Saat menopause, jumlah hormon estrogen dan metabolisme tubuh mengalami penurunan.

Untuk mengatasi hal itu, cobalah untuk latihan kekuatan agar otot terbentuk sehingga ukurat perut menjadi lebih terkontrol.

Baca Juga: Jangan salah lagi, ini jam terbaik untuk olahraga

Makanan olahan

Mengonsumsi makanan olahan jadi salah satu penyebab perut buncit, lo. Jenis makanan tersebut mengandung banyak pemanis buatan dan lemak trans yang berpotensi meningkatkan inflamasi dalam tubuh.

Akibatnya, resistansi insulin dan lemak yang menumpuk di bagian perut mengalami peningkatan.

Gen

Insider menyebutkan bahwa gen memiliki pengaruh pada ukuran perut Anda. Jika ada salah satu anggota keluarga yang memiliki perut buncit, potensi Anda memiliki bentuk tubuh yang sama juga tinggi.

Jika hal itu terjadi, Anda perlu menerapkan pola hidup sehat. Misalnya, batasi konsumsi kalori dan perbanyakk olahraga.

Baca Juga: Penyebab perut buncit dan cara mengecilkan secara mudah

Jenis obat tertentu

Konsumsi beberapa jenis obat bisa jadi penyebab perut buncit.

Beberapa jenis obat juga bisa jadi penyebab perut buncit, misalnya, antidepresan, obat hipertensi, obat diabetes, dan jenis obat yang lain. Jika ukuran perut Anda membesar setelah mengonsumsi jenis obat tertentu, tak ada salahnya untuk berdiskusi dengan dokter.

Waktu Tidur

Tahukah Anda bahwa waktu tidur berpengaruh pada ukuran perut? Tidur kurang dari lima jam tiap malam dapat menambah jumlah lemak yang menumpuk di sekitar perut.

Kurang tidur mengakibatkan metabolisme melambat yang mana bertujuan untuk menghemat energi. Nah, hal itu dapat meningkatkan jumlah lemak perut.

Meski demikian, tidur terlalu lama atau lebih dari delapan jam per malam juga bisa menimbulkan masalah yang sama. Jadi, Anda perlu mengatur waktu tidur di malam hari dengan benar.

Selanjutnya: Sudah coba turunkan berat badan dengan diet 20/20? Ini caranya

Editor: Belladina Biananda
Terbaru