5 Tanaman pengusir nyamuk terbaik untuk rumah Anda

Selasa, 15 Desember 2020 | 13:14 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Tanaman pengusir nyamuk terbaik untuk rumah Anda

ILUSTRASI. Lavender adalah salah satu tanaman pengusir nyamuk.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak cara mengusir nyamuk yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan memakai tanaman pengusir nyamuk. Selain membasmi nyamuk, jenis tanaman ini dijadikan hiasan yang memperindah rumah Anda.

Lavender

Lavender adalah salah satu jenis tanaman yang memiliki essential oil dan aroma yang kuat. Hal itulah yang menyebabkan lavender cocok digunakan untuk mengusir nyamuk. Garden Design (gardendesign.com) mengatakan bahwa minyak lavender bisa menghalangi kemampuan penciuman nyamuk.

Lavender membutuhkan tempat yang hangat untuk tumbuh. Namun, tak menutup kemungkinan bahwa tumbuhan ini juga bisa ditanam di daerah dengan suhu yang lebih dingin. Anda hanya perlu memberikan lavender sinar matahari yang cukup dan mengatur drainase air agar tetap lancar.

Selasih

Selasih atau basil adalah tanaman pengusir nyamuk lainnya karena memiliki aroma yang menyengat. Selain nyamuk, lalat dan jenis serangga lain juga bisa Anda basmi dengan jenis tanaman itu. Ada banyak tipe tumbuhan selasih yang bisa Anda tanam di sekitar rumah Anda.

Baca Juga: Inilah 4 cara mengusir tawon yang bisa Anda coba

Jenis tanaman tersebut menyukai area yang lembab dengan drainase yang bagus dan mendapat sinar matahari yang cukup. Anda bisa menanam selasih di sebuah wadah dan mencampurnya dengan tanaman lain asalkan memiliki kebutuhan yang sama.

Mint

Mint adalah salah satu tanaman pengusir nyamur.

Garden Design merekomendasikan Anda untuk menanam mint supaya jumlah nyamuk di rumah berkurang. Keberadaan lalat dan semut juga bisa berkurang jika Anda meletakkan tanaman itu di sekitar rumah. Anda tak perlu khawatir karena mint tidak beracun sehingga aman jika tersentuk oleh hewan peliharaan Anda.

Serai

Selain beberapa tumbuhan yang telah disebutkan, serai jadi tanaman pengusir nyamuk lainnya yang bisa Anda gunakan. Serai merupakan salah satu jenis tanaman yang cukup efektif membasmi keberadaan nyamuk yang dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit.

Baca Juga: 4 cara mengusir lalat, efektif dan mudah dilakukan

Serai tak membutuhkan banyak perawatan. Namun, usahakan untuk menanamnya di ruangan terbuka yang mudah mendapatkan sinar matahari. Garden Design menyarankan untuk membeli varietas asli serai, yaitu Citronella winterianus dan Cybopogon nardus.

Catnip

Menurut sebuah penelitian, catnip 10 kali lebih efektif membasmi nyamuk daripada bahan kimia pengusir serangga yang bernama DEET. Bukti tersebut semakin ditunjang dengan kemudahan Anda untuk menanam catnip di sekitar rumah.

Selanjutnya: 5 Cara mengusir nyamuk terefektif, bisa pakai bahan alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru