5 Tips biar tetap segar dan produktif di pagi hari, meski semalaman begadang

Kamis, 25 Februari 2021 | 15:31 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
5 Tips biar tetap segar dan produktif di pagi hari, meski semalaman begadang

ILUSTRASI. 5 Tips agar tetap segar dan produktif di pagi hari meski semalaman begadang. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

KONTAN.CO.ID - Terjaga semalaman suntuk untuk mengejar tegat waktu pekerjaan atau tugas sering dilakukan pekerja atau mahasiswa. Nah, simak tips biar tetap segar dan produktif di pagi hari, meski semalaman begadang.

Maklum, tidak jarang para mahasiswa atau terpaksa tidak tidur selama beberapa hari agar pekerjaan bisa terselesaikan. Setelah begadang, tentu tubuh membutuhkan istirahat yang cukup agar tetap segar dan produktif.

Sayangnya, di pagi hari masih banyak kegiatan yang menunggu untuk dikerjakan meski badan sedang lelah. Akibatnya, produktivitas menurun karena otak dan badan terlalu lelah.

Anda tidak perlu risau, ada beberapa tips agar tubuh tetap segar dan produktif setelah begadang. Berikut cara agar tubuh tetap bugar meski semalaman begadang dihimpun dari Insider dan Web MD:

  • Minum minuman berkafein

Cara paling umum agar tetap segar setelah begadang adalah minum kopi. Selain kopi, minuman berkafein, seperti teh dan coklat, bisa membuat Anda lebih terjaga. 

Namun, khasiat dua jenis minuman ini tidak sekuat kopi. Satu hingga dua gelas kopi bisa membantu Anda lebih segar di pagi hari. 

Tapi ingat, jangan terlalu berlebihan saat mengkonsumsi kopi. Terlalu banyak kafein akan merusak jadwal tidur Anda. 

Baca Juga: Sedia payung sebelum hujan, ini tips menyiapkan dana darurat untuk keluarga

  • Nyalakan lampu 

Tips tetap segar selanjutnya walau tidak tidur semalaman adalah menyalakan lampu. Cahaya yang terang "memaksa" tubuh untuk bangun. 

Cahaya matahari atau lampu akan mengaktifkan "mode pagi" pada tubuh. Dengan cara ini, Anda bisa lebih segar dan tidak mengantuk.

Setelah bangun tidur, segera nyalakan lampu kamar Anda. Sempatkan sebentar untuk keluar rumah agar bisa melihat matahari.

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru