6 Bahan alami ini efektif jadi cara mengusir semut

Selasa, 09 Maret 2021 | 11:39 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Bahan alami ini efektif jadi cara mengusir semut

ILUSTRASI. Salah satu cara mengusir semut adalah dengan memakai kayu manis.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Semut adalah salah satu jenis serangga yang perlu Anda basmi, apalagi jika jumlahnya banyak. Gigitan semut bisa menyebabkan alergi sehingga berbahaya untuk kesehatan secara keseluruhan. Untuk menghindari hal itu, ada berbagai cara mengusir semut yang bisa Anda coba.

Sebenarnya, ada banyak produk pembasmi semut di pasaran yang bisa Anda temui. Namun, karena terbuat dari bahan kimia, produk tersebut cukup berisiko untuk dipakai. Apalagi jika ada anak kecil atau hewan peliharaan di rumah Anda.

Dikhawatirkan produk berbahan kimia menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Supaya hal itu tak terjadi, cobalah untuk memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar Anda. Tidak hanya aman digunakan, bahan alami juga efektif sebagai obat semut.

Cuka

Cara mengusir semut pertama yang bisa Anda coba adalah dengan memanfaatkan cuka. Mengutip dari Family Handyman (familyhandyman.com), Anda perlu mencampur cuka dan air dengan perbandingan 3:1. Aroma cuka yang kuat dapat mengganggu alur penciuman semut.

Baca Juga: ​5 Cara ampuh mengusir tikus secara mudah

Kayu Manis

Kayu manis jadi pengusir semut selanjutnya yang perlu Anda coba. Tidak hanya efektif membasmi serangga, aroma kayu manis yang kuat bisa membuat ruangan menjadi lebih harum. Anda hanya perlu menaburkan bubuk kayu manis di sarang semut atau alur jalan semut di sekitar rumah Anda.

Tepung

Cara membasmi semut juga bisa Anda lakukan dengan tepung, lo. Sama seperti kayu manis, Anda bisa menebarkan tepung ke tempat-tempat yang dilewati semut. Misalnya, di sekitar pintu, di sepanjang jendela, dan lain sebagainya.

Kopi

Jika Anda mencari cara mengusir semut, maka kopi adalah jawabannya. Melansir Family Handyman, ada beberapa alasan mengapa kopi jadi bahan alami yang efektif mengusir semut. Pertama karena aromanya yang kuat. Kedua, tekstur kopi yang kasar tidak disukai semut.

Baca Juga: Tips cara mengusir tikus dengan bahan alami

Lada

Jika Anda memiliki lada di rumah, gunakan bumbu dapur itu sebagai cara menghilangkan semut. Anda bisa menaburkan lada secara langsung atau mencampurnya dengan air terlebih dahulu. Taburkan atau semprotkan air lada di tempat-tempat yang dilalui semut.

Jeruk

Buah jeruk bisa jadi salah satu cara mengusir semut.

Cara menghilangkan semut di rumah selanjutnya adalah dengan memakai jeruk. Zat asam alami yang terkandung dalam jeruk atau jenis buah asam lainnya bisa menutupi alur semut yang biasa dilalui. Anda hanya perlu mencampur air perasan jeruk dengan air biasa lalu semprotkan di beberapa bagian rumah.

Selanjutnya: Hati hati ular masuk rumah saat musim hujan, ini 4 cara mudah mengusirnya

Editor: Belladina Biananda
Terbaru