6 Penyebab Tikus Kerasan di Rumah, Bikin Kotor dan Bawa Penyakit!

Jumat, 29 April 2022 | 10:00 WIB   Reporter: Kania Paramahita
6 Penyebab Tikus Kerasan di Rumah, Bikin Kotor dan Bawa Penyakit!


KONTAN.CO.ID - Tikus merupakan salah satu hama yang keberadaannya cukup merepotkan pemilik rumah.

Bagaimana tidak, hewan yang satu ini dapat merugikan manusia. Selain menggigiti makanan sisa, tikus juga bisa merusak furnitur dan kabel rumah. Tidak hanya itu, tikus juga berpotensi membawa penyakit yang disebar lewat kotoran tikus yang bertebaran di rumah.

Nah, untuk meminimalisir keberadaan tikus di rumah, hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah penyebab keberadaannya di rumah. Dirangkum dari Realtor.com, Prokill UK, dan laman Midway Pest Management, berikut beberapa penyebab keberadaan tikus di rumah.

Baca Juga: Hati-Hati, 8 Jenis Bau di Rumah Ini Perlu Diwaspadai!

Cuaca

Cuaca buruk dan udara dingin di luar dapat menyebabkan tikus mencari tempat perlindungan yang lebih kering dan hangat.

Rumah yang kering dan hangat pun dapat menjadi sasaran empuk bagi para tikus, terutama jika Anda memiliki alat-alat yang dapat menghantarkan panas di dalam rumah. Jika dibiarkan, tikus-tikus tersebut bisa merusak dinding rumah, kabel, bahkan alat elektronik di rumah Anda.

Makanan

Salah satu penyebab utama kedatangan tikus di rumah adalah sisa makanan yang ditinggalkan begitu saja di rumah. Tikus pada dasarnya tertarik dengan semua jenis makanan, mulai dari susu, daging, sayuran, bahkan jajanan seperti keripik.

Bahkan, tikus bisa tertarik dengan makanan hewan peliharaan. Oleh karena itu, pastikan Anda menutup tempat makanan hewan dan menaruh sampah makanan di tempat tertutup.

Air

Anda punya pipa yang bocor dan mangkuk air untuk hewan peliharaan di rumah? Walaupun terlihat biasa saja, sebenarnya dua hal tersebut bisa saja memancing kedatangan tikus, lo.

Sebab, selain mencari makanan, tikus juga kerap mendatangi rumah untuk mencari air, apalagi jika tidak ada sumber air yang memadai di luar rumah.

Baca Juga: Kenali Bahan Dapur yang Dapat Membersihkan Rumah, Dijamin Ampuh!

Editor: Kania Paramahita

Terbaru