6 Tips produktif saat WFH selama pandemi virus corona

Sabtu, 12 September 2020 | 15:05 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
6 Tips produktif saat WFH selama pandemi virus corona


VIRUS CORONA -  Banyak perusahaan di dunia memberlakukan sistem kerja dari rumah atau work from home alias WFH karena pandemi virus corona. Di antaranya, Google dan Apple.

Meski tengah WFH, produktivitas harus tetap terjaga. Ada beberapa cara untuk meningkatkan produktivitas agar hasil kerja maksimal, mulai menyiapkan ruang kerja yang baik hingga cara berkomunikasi dengan teman kantor.

Dikutip dari BBC, berikut 6 tips WFH agar Anda tetap produktif: 

1. Siapkan diri memulai hari untuk WFH

Sebisa mungkin, jangan gunakan piyama atau baju tidur untuk WFH. Namun, mandi pagi dan berpakaian yang sopan serta santai membuat kita merasa siap saat WFH. 

Baca Juga: Surat edaran baru dari Kementerian PAN-RB terkait sistem kerja ASN saat new normal

2. Miliki ruang kerja pribadi 

Jika Anda tidak memiliki ruang kerja di rumah, sebisa mungkin buat ruang khusus untuk pekerjaan. Sebab, tidak memiliki ruang kerj saat bekerja jarak jauh dapat menyebabkan penurunan produktivitas. 

Jadi, alih-alih berbaring di tempat tidur dengan laptop, cobalah membuat suasana yang kondusif. Cara mengatasinya, bisa memindahkan meja tempat bekerja ke sudut yang jauh dari gangguan, dan menyediakan kursi seperti yang dilakukan di meja kantor. 

Keberadaan ruang kerja khusus dapat membuat Anda berkonsentrasi. Ini juga berfungsi sebagai sinyal penting bagi mereka yang tinggal bersama Anda bahwa Anda sedang 'bekerja'. 

“Buat batasan di dalam rumah yang dipahami anggota keluarga Anda,'” kata Kristen Shockley, profesor psikologi di Universitas Georgia, seperti dilansir BBC.

Baca Juga: Kemenpan RB terbitkan aturan baru sistem kerja ASN berdasarkan zonasi risiko wilayah

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru