7 Manfaat lain garam dapur, bukan hanya sebagai penyedap masakan

Kamis, 27 Agustus 2020 | 15:12 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
7 Manfaat lain garam dapur, bukan hanya sebagai penyedap masakan

ILUSTRASI. 7 Manfaat lain garam dapur, bukan hanya sebagai penyedap masakan.

KONTAN.CO.ID - Keberadaan garam dapur sudah sangat esensial di kehidupan manusia. Melazatkan makanan merupakan fungsi utama garam. Tapi, masih ada segudang manfaat lain garam dapur.

Kandungan garam dapur yang banyak bisa bermanfaat untuk banyak hal. Salah satu manfaat lain garam dapur adalah membersihkan peralatan rumah.

Perabot rumah terutama peralatan dapur sering memiliki noda membandel. Garam dapur bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan noda-noda tersebut. Dengan cara yang pas, garam dapur bisa menjadi pembersih noda yang ampuh.  

Apa saja perabotan yang bisa dibersihkan dengan garam dapur? Berikut beberapa manfaat garam dapur sebagai pembersih noda yang KONTAN.co.id rangkum dari DIY Network:

Baca Juga: Penyebab dan cara menghilangkan komedo dengan bahan alami

  • Membersihkan noda kopi

Semakin sering dipakai untuk menyajikan kopi, akan semakin tebal noda jenis minuman tersebut di dalam cangkir. Noda kopi yang sudah terlanjur membekas lama di cangkir sering kali susah untuk dihilangkan.

Kadang sudah dicuci berulang kali pun noda kopi tetap membandel. Untuk membersihkan noda kopi, Anda bisa menggunakan pasta garam.

Pasta garam bisa dibut sendiri dengan mencapur garam dapur dan sabun cuci piring cair. Gunakan kain bekas untuk meratakan pasta garam ke noda kopi di cangkir.

Kemudian, gosok-gosok perlahan hingga noda kopi menghilang. Jika sudah bersih, bilas dengan air mengalir. 

  • Sumbatan di saluran air

Sisa-sisa sabun hingga rambut rontok jika tidak segera Anda bersihkan bisa menyumbat saluran air. Untuk membersihkannya, Anda bisa memanfaatkan garam dapur. 

Baca Juga: Cara mengatasi rambut rontok menggunakan bahan alami

Untuk membersihkannya, campurkan garam dapur, cuka dapur, dan baking soda. Setelah tercampur, tuangkan larutan garam ke saluran air sedikit demi sedikit.

Diamkan saluran air selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, siram saluran tersebut dengan air panas.

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru