Air kelapa bisa menyembuhkan Covid-19. benarkah?

Senin, 26 Juli 2021 | 16:30 WIB   Reporter: Helvana Yulian
Air kelapa bisa menyembuhkan Covid-19. benarkah?

KONTAN.CO.ID - Air kelapa bisa menyembuhkan Covid-19 beredar di berbagai media. Mengenai penyembuhan Covid-19, banyak beredar bahwa air kelapa muda saat ini tengah menjadi incaran masyarakat. Banyak beredar informasi bahwa air kelapa bisa menyembuhkan Covid-19.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan covid-19 sebagai pandemi sejak Maret 2020. Di Indonesia, tingkat kematian akibat penyakit covid-19 yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 telah mencapai 8,9 persen, ini merupakan kasus kematian covid-19 yang tertinggi di Asia Tenggara. 

Dilansir dari data Gugus Tugas, di Indonesia angka kematian yang tinggi diakibatkan oleh penyakit penyerta atau komorbid. Yakni penyakit yang memang sudah dimiliki oleh pasien positif covid-19 yang akan memperparah kondisi pasien tersebut. 

Baca Juga: 4 Teh herbal yang efektif membantu menurunkan asam urat tinggi

Terkait fenomena tersebut, dr Juwalita Surapsari, M Gizi, Sp GK, dokter spesialis gizi klinis Rumah Sakit Pondok Indah, dikutip dari website Gaya menegaskan belum ada bukti ilmiah manfaat air kelapa bisa menyembuhakan Covid-19. Walaupun ada pasien Covid-19 merasa lebih baik setelah meminum air kelapa, hal tersebut tidak lantas mengindikasikan manfaat air kelapa bisa mencegah atau menyembuhkan infeksi Covid-19. 

Memang banyak sekali manfaat air kelapa muda, beberapa manfaatnya adalah berperan sebagai menambah imunitas tubuh. Air kelapa mengandung berbagai nutrisi baik bagi tubuh. Salah satunya yaitu mengandung vitamin B6. Vitamin ini sangat berperan dalam meningkatkan sistem imun.

Baca Juga: Jahe dan bawang putih bisa mencegah corona? Cek jawaban Satgas Covid-19

Terkait manfaat air kelapa, sebuah penelitian dilakukan Manisha DebMandal dari KPC Medical College and Hospital, Kolkata India dan Shymapada Mandal dari Departement of Zoology, Gurudas Collage Kolkata India menemukan manfaat air kelapa memang mempercepat penyerapan obat dan mempermudah obat itu mencapai tingkat konsentrasi puncak dalam darah karena efek elektrolit yang dimilikinya.

Berikut penjelasan mengenai manfaat air kelapa yang bisa menyembuhkan Covid-19. Dengan melakukan protokol kesehatan yang dikombinasikan dengan pola hidup sehat dan bersih, ini akan membawa dampak positif terhadap penurunan kasus Covid-19 di Indonesia.

Selanjutnya: Macam-Macam Penyakit Komorbid yang Wajib Anda Ketahui

Editor: Helvana Yulian
Terbaru