Amalan-Amalan Sunnah pada Idul Adha yang Bisa Dikerjakan oleh Umat Muslim

Sabtu, 09 Juli 2022 | 13:30 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Amalan-Amalan Sunnah pada Idul Adha yang Bisa Dikerjakan oleh Umat Muslim


IDUL ADHA -  Dalam menyambut Hari Raya Idul Adha yang akan dirayakan pada tanggal 10 Juli 2022 mendatang, ada beberapa amalan sunnah yang bisa umat Muslim laksanakan. 

Dengan melaksanakan amalan-amalan sunnah tersebut, diharapkan umat Islam bisa mendapatkan pahala dari Allah SWT. 

Bersumber dari situs Nahdlatul Ulama (NU) Lampung, ada enam amalan sunnah yang bisa dilaksanakan pada Hari Raya Idul Adha

Apa saja amalan sunnah tersebut? Simak daftarnya berikut ini, dirangkum dari situs lampung.nu.or.id.

Baca Juga: Dicari Volunteeer untuk ASEAN Para Games 2022, Ini syarat dan cara Daftarnya

Amalan sunnah pada Idul Adha

1. Mengumandangkan takbir di masjid, mushala, dan rumah pada malam hari raya. 

Takbir bisa dikumandangkan mulai terbenamnya matahari hingga imam akan berkutbah pada Hari raya Idul Adha. Takbir terus dilanjutkan hingga pada hari tasyriq tanggal 13 Dzulhijjah.

2. Mandi sebelum melaksanakan sholat Id di masjid

Anda bisa mandi mulai dari pertengahan malam, sebelum waktu subuh, dan yang palung utama sesudah subuh. 

Tujuan dari mandi ini adalah membersihkan badan dari bau tidak sedap dan membuat badan lebih segar. Paling baik adalah mandi sebelum berangkat ke masjid sebelum melaksanakan shalat Id. 

3. Memakai wangi-wangian, memotong tambur dan kuku, menghilangkan bau yang tidak enak untuk memperoleh keutamaan hari raya.

4. Memakai pakaian paling baik, bersih, dan suci jika memiliki. 

Jika tidak memilikinya, Anda bisa memakai pakaian yang bersih dan suci. Sebagian ulama mengatakan, paling utama mengenakan pakaian putih dan memakai serban. 

5. Disarankan berjalan kaki menuju tempat sholat Id

Diutamakan untuk berjalan kaki menuju masjid atau tempat dilaksanakannya sholat Id. Bagi orang yang berumur atau tidak mampu berjalan, makan diperbolehkan berangkat menggunakan kendaraan. 

Dengan berjalan kaki ke tepat sholat Id pada Hari Raya Idul Adha, Anda bisa bertegur sapa dengan sesama kaum Muslim dan mengucapkan salam serta bermushafahah (bersalam-salaman).

Baca Juga: Mengenal 5 Jenis Sel Darah Putih, Fungsi, dan Ciri-Cirinya

Dianjurkan juga untuk datang lebih awal agar bisa mendapatkan shaf atau barisan sholat depan. Sembari menunggu sholat Id dilaksanakan, Anda bisa bertakbir bersama jamaah lainnya.

6. Makan setelah sholat Id

Amalan sunnah pada Hari Raya Idul Adha adalah makan setelah selesai melaksanakan sholat Id. Hal ini berbeda dengan Hari Raya Idul Fitri dimana disunnahkan untuk makan sebelum melaksanakan sholat Id. 

Demikian amalan sunnah yang bisa dikerjakan umat Islam pada saat Hari Raya Idul Adha, dengan harapan Allah memberikan pahala bagi kita yang mengerjakan sunnah tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru