Anda perlu waspada, ini 5 penyebab nyeri ulu hati

Senin, 22 Maret 2021 | 18:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Anda perlu waspada, ini 5 penyebab nyeri ulu hati


KESEHATAN - Ada banyak orang yang pernah mengalami nyeri ulu hati. Jika Anda pernah mengalaminya, sebaiknya jangan abaikan kondisi itu. Bisa jadi, nyeri yang Anda rasakan menjadi tanda kondisi kesehatan yang sedang tidak baik.

Supaya rasa sakit di bagian ulu hati tidak terulang, ada beberapa cara yang perlu Anda lakukan. Pertama, lakukan olahraga atau aktivitas fisik dengan cara yang benar dan tidak membahayakan diri Anda. Kedua, istirahat yang cukup.

Ketiga, kelola stres dengan baik. Keempat, cobalah untuk berlatih mengatur pernapasan. Selain melakukan cara-cara tersebut, sebaiknya hindari pula beberapa faktor yang jadi penyebab sakit di bagian ulu hati.

Asam lambung

Asam lambung naik dan masalah sistem pencernaan lain bisa jadi salah satu penyebab munculnya rasa sakit di ulu hati. Mengutip dari Healthline, biasanya kondisi itu dibarengi dengan gejala yang lain. Misalnya, batuk, bau mulut tak sedap, dan sakit tenggorokan.

Baca Juga: 8 Obat herbal untuk asam lambung yang bahannya mudah didapat

Diabetes

Diabetes juga bisa jadi penyebab nyeri ulu hati, lo. Penyakit itu mengganggu sistem saraf sehingga berpengaruh pada kondisi kesehatan ulu hati. Biasanya, Anda juga mengalami peningkatan frekuensi buang air kecil, gula darah naik, dan kesemutan di kaki atau tangan.

Pankreatitis

Pankreatitis atau radang pankreas menyebabkan munculnya sakit yang terasa di ulu hati. Hal yang sama juga bisa terjadi akibat kanker pankreas atau pertumbuhan sel kanker di bagian tubuh yang lain. Gejala lain yang dapat Anda rasakan pula adalah cegukan, perut kembung, dan demam.

Gangguan pernapasan

Salah satu penyebab nyeri ulu hati adalah asma.

Healthline menyebutkan, ulu hati bisa terasa sakit akibat gangguan pernapasan yang Anda alami, misalnya, asma atau bronkitis. Tak hanya menyebabkan ulu hati terasa sakit, gangguan pernapasan juga ditandai dengan batuk yang terjadi secara terus-menerus.

Baca Juga: Pala bermanfaat sebagai obat herbal untuk asam lambung

Kecemasan

Setiap orang pasti punya kecemasannya sendiri-sendiri. Namun, hal itu bisa jadi masalah saat kecemasan yang Anda rasakan terlalu berlebihan hingga Anda sulit mengontrolnya. Meski jarang terjadi, kecemasan dapat menyebabkan nyeri ulu hati.

Salah satu reaksi tubuh saat Anda mengalami gangguan kecemasan adalah ritme pernapasan yang berubah. Hal itulah yang menimbulkan rasa sakit di bagian ulu hati. Jika terus dibiarkan, Anda akan mengalami gejala yang lain, seperti mual, muntah, berkeringat, dan detak jantung meningkat.

Selanjutnya: Asam lambung sering naik? ini bahan alami yang bisa meredakan asam lambung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru