Apa Arti Xin Nian Kuai Le dan Gong Xi Fa Cai yang Sering Jadi Ucapan Imlek?

Jumat, 20 Januari 2023 | 14:02 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Apa Arti Xin Nian Kuai Le dan Gong Xi Fa Cai yang Sering Jadi Ucapan Imlek?

ILUSTRASI. Arti Gong Xi Fa Cai dan Xin Nian Kuai Le.


KONTAN.CO.ID - Tahun Baru Imlek 2023 akan jatuh pada 21 Januari nanti. Salah satu cara untuk merayakan Imlek 2023 adalah dengan saling mengirimkan ucapan Imlek 2023. 

Nah, gong xi fa cai dan xin nian kuai le adalah ucapan paling umum saat perayaan Imlek. Namun, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum terlalu paham mengenai arti gong xi fa cai dan xin nian kuai le

Lantas, apa arti gong xi fa cai dan xin nian kuai le?

Baca Juga: 75 Link Twibbon Imlek 2023 Gratis dan Terbaru, Serta Cara Membagikannya di Sosmed

Arti Gong Xi Fa Cai dan Xin Nian Kuai Le 

Arti Gong Xi Fa Cai dan Xin Nian Kuai Le

Dikutip dari The Star, ucapan Imlek bahasa Mandarin gong xi fa cai artinya secara harfiah adalah selamat mendapatkan lebih banyak kekayaan atau kemakmuran. 

Hal itu diungkapkan oleh dosen senior departemen Chinese Studies Universitas Malaya,Prof Dr Yam Kah Kean. 

Dia mengatakan, ada yang percaya istilah gong xi fa cai lebih fokus terhadap keuntungan materi daripada semangat kebersamaan di Tahun Baru China. 

Baca Juga: Promo Burger King Imlek 19-26 Januari 2023, Hoki Angry Angpao Isi Ayam-Burger Pedas

Sehingga, banyak kalangan lebih suka mengucapkan kata xin nian kuai le di momen Tahun Baru Imlek. Nah, xin nian kuai le artinya Selamat Tahun Baru di momen Imlek. 

"Kuai le" berarti "bahagia" atau "gembira," dan "xin nian" berarti "tahun baru." Xin nian kuai le adalah cara untuk mengucapkan selamat tahun baru dalam bahasa Cina kepada teman tanpa merujuk uang, finansial, atau materi.

Selain itu, ada beberapa ucapan Imlek tahun 2023. Dikutip dari laman News.cgtn.com, di antaranya adalah chun jie kuai le atau "Selamat Festival Musim Semi!". 

Baca Juga: 75 Link Twibbon Imlek 2023 Gratis dan Terbaru, Serta Cara Membagikannya di Sosmed

Kemudian, xin xiang shi cheng yang berarti "semoga keinginan Anda menjadi kenyataan." Anda mendoakan agar orang-orang yang Anda kasihi mendapatkan keinginannya tahun ini.

Serta ada pula yi fan feng shun yang artinya "pelayaran lancar". Makna ucapan tersebut dapat diartikan sebagai kelancaran dalam mengarungi pasang surut kehidupan. 

Demikian penjelasan mengenai arti gong xi fa cai dan xin nian kuai le sebagai ucapan Imlek bahasa Mandarin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru