​Apa beda baking soda dan baking powder? Ini penjelasan dan kegunaannya

Jumat, 08 Oktober 2021 | 10:45 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
​Apa beda baking soda dan baking powder? Ini penjelasan dan kegunaannya

ILUSTRASI. Baking soda

KONTAN.CO.ID - Banyak orang yang masih bingung mengenai beda baking soda dan baking powder. Kedua bahan ini memang seringkali digunakan saat seseorang ingin membuat roti atau kue sebagai pengembang. 

Meski mirip, namun ternyata ada perbedaan antara baking soda dan baking powder. Salah satu perbedaan baking soda dan baking powder adalah komponen penyusunnya. 

Selain itu, terdapat perbedaan kegunaan baking soda dan baking powder. 

Lantas, apa saja beda baking soda dan baking powder serta kegunaannya? 

Baca Juga: Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju Putih, Mudah Dilakukan

Beda baking soda dan baking powder

Pertama, beda baking soda dan baking powder adalah dari bahan penyusunnya. Dirangkum dari laman How Stuff Works dan Fiber Creme, baking soda terbuat dari 100% natrium bikarbonat yang punya sifat basa. 

Sehingga, dalam resep yang menggunakan baking soda biasanya akan ditambah campuran yang bersifat asam seperti brown sugar, yogurt, air jeruk, vinegar, krim tartar, atau madu. Sebab, dibutuhkan zat yang bersifat asam agar baking soda bereaksi menghasilkan karbon dioksida yang akan membuat kue mengembang hingga jadi lembut dan kenyal. 

Sementara, baking powder terbuat dari campuran natrium bikarbonat dengan bahan-bahan lain yang memiliki sifat asam seperti krim tartar. 

Baca Juga: Obat sakit gigi berlubang yang bisa Anda jadikan pilihan

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru