Apa Beda Mata Minus dan Mata Silinder? Ini yang Perlu Anda Ketahui

Kamis, 13 Oktober 2022 | 15:42 WIB   Reporter: Helvana Yulian
Apa Beda Mata Minus dan Mata Silinder? Ini yang Perlu Anda Ketahui

ILUSTRASI. Perbedaan Mata Minus dan Mata Silinder yang Perlu Anda Ketahui


KONTAN.CO.ID - Perbedaan mata minus dan mata silnder perlu nda ketahui agar bisa mengatasi dan mencegahnya dengan tepat.

Pada mata minus ataupun mata silinder, cahaya yang ditangkap tidak dapat fokus untuk diteruskan pada retina.

Agar mata dapat melihat objek dengan jelas, cahaya yang ditangkap oleh kornea dan lensa (bagian depan mata) akan dibiaskan pada retina, yaitu jaringan peka cahaya di belakang mata.

Kedua gangguan mata ini perlu diatasi agar kondisinya tidak semakin parah dan menimbulkan komplikasi. Dilansir dari Healthline, inilah perbedaan antara mata minus dan mata silinder, yaitu:

Baca Juga: 4 Gejala Kolesterol Tinggi yang Harus Diwaspadai

Lensa yang digunakan

Untuk mengatasi mata minus, pengidap harus menggunakan lensa cekung atau lensa negatif. Lensa cekung membantu memperkecil kelengkungan kornea yang terlalu besar sehingga mata dapat menangkap cahaya dengan fokus.

Sedangkan pada pengidap mata silinder, kondisi ini bisa diatasi dengan kacamata lensa silinder. Fungsi lensa silinder dapat menyatukan beberapa bayangan sehingga pandangan lebih fokus dan tidak kabur.

Gejala yang dirasakan

Saat seseorang mengalami mata minus dan belum mendapatkan penanganan, maka pandangan akan terasa kabur dan pengidap merasa sakit kepala yang berlarut.

Namun, pada pengidap silinder tidak hanya terasa sakit kepala dan pandangan kabur saja, biasanya objek akan terlihat sangat berbayang dan bentuk objek menjadi tidak jelas.

Baca Juga: 5 Olahraga untuk Kesehatan Mata yang Bisa Dicoba

Penyebab pandangan kabur

Pada kondisi mata minus, kelengkungan kornea yang terlalu besar membuat cahaya tidak bisa fokus. Hal ini menyebabkan cahaya tidak jatuh tepat pada retina dan membuat pandangan menjadi kabur. 

Menurut American Academy of Ophthalmology, mata silinder disebabkan adanya kondisi cacat pada kornea mata, seperti kelengkungan kornea mata yang tidak teratur.

Kondisi ini membuat cahaya tidak jatuh tepat pada retina sehingga membuat pandangan menjadi tidak fokus. 

Mata minus dan mata silinder merupakan dua kondisi yang berbeda sehingga keduanya memiliki gejala khas, penyebab, serta cara pengobatan yang berbeda.

Itulah perbedaan mata minus dan mata silinder yang perlu Anda ketahui. Jika masih kesulitan mengenal perbedaan mata minus dan silinder, Anda bisa berkonsultasi pada dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru