Apa Itu Trust Issue dalam Hubungan? Pengertian, Ciri-ciri, dan Cara Mengatasinya

Rabu, 07 Agustus 2024 | 12:13 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Apa Itu Trust Issue dalam Hubungan? Pengertian, Ciri-ciri, dan Cara Mengatasinya

ILUSTRASI. Ilustrasi?bertengkar


HUBUNGAN SUAMI ISTRI - JAKARTA. Kenali apa itu Trust Issue pada hubungan, ciri-ciri, dan cara menghadapinya. Kepercayaan tentu menjadi faktor penting dalam menjalin hubungan serius.

Sehingga, Anda perlu menjaga kepercayaan yang bisa naik-turun dan menjadi masalah dikemudian hari.

Istilah "Trust Issue" dapat menjadi salah satu gambaran masalah kepercayaan. Trust Issue adalah istilah yang sering digunakan secara sembarangan, sering kali untuk menunjukkan ketika seseorang menunjukkan perilaku ketidakpercayaan yang terus-menerus, terutama dalam hubungan serius.

Hal ini mendorong stigmatisasi tantangan emosional yang kompleks. Ketidakpercayaan kronis dapat mempengaruhi bagaimana Anda melihat diri sendiri dan semua hubungan dalam hidup Anda.

Misalnya, Anda mungkin sering meragukan bahwa orang lain akan memenuhi kewajiban mereka, atau Anda mungkin takut terlalu dekat dengan orang lain atau merasa curiga ketika seseorang bersikap baik kepada Anda.

Baca Juga: Contoh Ucapan Selamat Malam Romantis Bahasa Inggris & Indonesia, Pacar Makin Cinta

Trust Issue Pasangan

Beberapa perilaku yang terkait dengan kesulitan mempercayai orang lain dapat membuat hubungan menjadi menantang, tetapi itu tidak selalu ada hubungannya dengan hubungan itu sendiri.

 Trust issues bisa sangat mempengaruhi kualitas hubungan seseorang, karena kepercayaan adalah dasar penting dalam hubungan yang sehat.

Ciri-ciri Trust Issues pada Pasangan

Ada beberapa tanda yang bisa menjadi trust Issue pada pasangan

  • Kecemburuan yang Berlebihan: Seseorang dengan masalah kepercayaan mungkin merasa cemburu tanpa alasan jelas, bahkan terhadap interaksi biasa pasangan mereka dengan orang lain.
  • Kontrol dan Pengawasan: Mereka mungkin merasa perlu untuk memantau atau mengontrol aktivitas pasangan mereka, seperti mengecek ponsel, email, atau media sosial mereka.
  • Kesulitan Membuka Diri: Mereka cenderung menahan informasi pribadi atau perasaan mereka karena takut disakiti atau dikhianati.
  • Skeptisisme Berlebihan: Seseorang dengan trust issues mungkin sering meragukan kebenaran dari apa yang dikatakan pasangan mereka, meskipun tidak ada alasan yang jelas untuk meragukannya.
  • Menghindari Komitmen: Mereka mungkin enggan untuk membuat komitmen jangka panjang karena takut terluka.
  • Responsif Berlebihan terhadap Ketidakpastian: Mereka mungkin bereaksi secara berlebihan terhadap situasi yang ambigu atau tidak pasti dalam hubungan.

Baca Juga: Kekasih Makin Sayang, Ini Ucapan Selamat Malam Romantis Bahasa Inggris & Indonesia

Cara Mengatasi Trust Issues

Ada beberapa panduan untuk mengatasi Trust Issue yang perlu dipahami, dilansir dari Psych Central.

1. Komunikasi Terbuka

Setiap pasangan perlu berbicara secara jujur dan terbuka dengan pasangan mengenai perasaan dan kekhawatiran dapat membantu mengatasi ketidakpercayaan.

2. Bangun Kepercayaan secara Bertahap

Kepercayaan tidak bisa dibangun dalam semalam. Cobalah untuk memberikan kesempatan kepada pasangan untuk membuktikan bahwa mereka bisa dipercaya.

3. Pengembangan Diri

Anda dapat mengatasu trust issues sering kali melibatkan refleksi diri dan bekerja pada masalah-masalah pribadi. Konseling atau terapi bisa sangat membantu dalam proses ini.

4. Kelola Kecemburuan

Cobalah untuk mengatasi perasaan cemburu dengan cara yang sehat, seperti berbicara dengan pasangan atau mencari dukungan dari teman atau terapis.

5. Hargai Kejujuran

Anda dapat menghargai dan mengakui kejujuran pasangan dapat membantu membangun kepercayaan.

6. Buat Batasan yang Sehat

Anda bisa memberi batasan yang jelas dalam hubungan dapat membantu mengurangi ketidakpastian dan ketidaknyamanan.

7. Hindari Pikiran Negatif

Anda dapat mencobalah untuk tidak selalu berpikir negatif atau berpikir yang terburuk tentang pasangan Anda.

Itulah pengertian terkait Trust Issue pada hubungan, ciri-ciri, dan cara menghadapinya yang perlu diketahui pasangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru