Kenali Apa Itu Wife Material dan Ciri-ciri Menurut Kajian Psikologi

Senin, 13 Mei 2024 | 10:50 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Kenali Apa Itu Wife Material dan Ciri-ciri Menurut Kajian Psikologi


KESEHATAN - JAKARTA. Kenali apa itu Wife Material yang populer di Internet. Istilah kerap menggambarkan seseorang wanita yang memiliki kriteria terkait dengan ibu rumah tangga.

Istilah "wife material" merujuk pada kualitas atau karakteristik yang dianggap penting atau diinginkan oleh seseorang ketika mencari pasangan hidup yang potensial untuk dinikahi.

Sehingga, Wife Material kerap digunakan untuk menggambarkan seseorang yang memiliki sifat-sifat atau kualitas yang dianggap cocok atau sesuai untuk menjadi seorang istri yang baik dan mendukung dalam suatu hubungan pernikahan.

Kriteria yang digunakan untuk menentukan apakah seseorang merupakan "wife material" dapat bervariasi tergantung pada budaya, nilai-nilai pribadi, dan preferensi individu.

Baca Juga: Apa Arti Kata Savage dalam Bahasa Gaul? Pengertian, Sejarah, dan Penggunaan Slang

Ilustrasi Memasak

Umumnya, kriteria tersebut mencakup aspek-aspek seperti kepribadian yang baik, keterampilan rumah tangga hingga kemampuan memasak.

Tidak hanya, itu, perlu tanggung jawab, kesetiaan, kemampuan berkomunikasi yang baik, dan kesediaan untuk berkomitmen dalam hubungan yang serius.

Sebenarnya, tidak ada ciri-ciri yang pasti untuk memahami Wife Material, tetapi tujuannya adalah menjadi pasangan di rumah tangga dengan baik.

Simak beberapa ciri-ciri wife material menurut kajian psikologi yang dapat dipertimbangkan, informasi ini dilansir dari laman Practical Psychology.

1. Menghargai pendapat

Wanita yang akan dinikahi harus melihat perilaku Anda yang sebenarnya dan menerimamu sebagai keseluruhan, dengan segala kualitas baik dan kekuranganmu.

Singkatnya, seberapa sering dia setuju dengan pendapat Anda? Jika kalian sering tidak sependapat, mungkin kamu perlu mempertimbangkan lagi aplikasinya untuk menjadi istri kamu.

2. Keinginan belajar memasak

Seseorang calon istri perlu memiliki kemauan untuk belajar hal baru termasuk memasak. Wife Material perlu berkeinginan memahami bahan-bahan yang tepat untuk setiap hidangan.

Selain dapat mempersiapkan hidangan yang tepat, Wife Material termotivasi untuk belajar sesuatu hal tanpa perlu takut, seperti cara memasak hidangan yang rumit.

3. Takut akan Tuhan

Seseorang wife material perlu memahami agama dengan baik dan benar, karena berkaitan dengan masa depan. Sehingga, dalam rumah tangga, seorang ibu dapat membawa rumah tangga termasuk anak-anaknya dengan tuntunan yang baik.

4. Memahami rumah tangga yang baik

Wife material menunjukkan keterampilan membuat rumah tangga. Sebagai calon ibu tentu perlu memahami kebutuhan dan mengenal berbagai keperluan rumah tangga baik barang maupun peraturan yang efektif diterapkan.

5. Berhubungan baik dengan mertua

Seorang istri dan ibu rumah tangga baik menghormati dan menunjukkan cinta tanpa syarat kepada mertuanya. Tentu, mencintai ibu mertuanya dan saudara perempuannya sama seperti keluarganya sendiri.

Seorang Istri tidak pernah bertengkar atau menyimpan dendam apa pun terlepas dari apa yang terjadi.

6. Bijak dengan uang

Selain itu, Wife Material memiliki insiatif dan naluri untuk menghasilkan uang maupun investasi yang baik. Ini berkaitan dengan peran pengatur keuangan.

7. Tidak mudah mengeluh

Wife material yang baik diklaim harus menjauhi adanya keluhan yang tidak perlu. Anda tetap memberikan ruang untuk mengeluarkan seluruh beban istri Anda untuk berbagi keluh kesah.

Artinya, Anda tetap perlu mewajarkan adanya keluhan dari Istri Anda sesuai dengan tingkat masalahnya.

Pastikan Anda tidak berpatokan dengan ciri-ciri di atas, karena setiap orang memiliki patokan calon istri yang baik dalam membangun berumah tangga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru