Apa itu Wibu dan ciri-cirinya? Ini penjelasan lengkapnya

Jumat, 08 Oktober 2021 | 10:08 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Apa itu Wibu dan ciri-cirinya? Ini penjelasan lengkapnya


BUDAYA - Wibu adalah istilah yang sudah tak asing lagi bagi para pecinta anime. Dikutip dari laman The Japanese Way, wibu adalah istilah yang diserap dari waeboo. Arti wibu adalah orang non-Jepang yang memiliki obsesi berlebihan pada budaya Negeri Sakura dan berlaku seolah-olah mereka adalah orang Jepang dan hidup di sana.

Ciri-ciri wibu yakni seseorang cenderung menikmati aspek-aspek tertentu dari budaya Jepang seperti anime atau manga tetapi mereka mengabaikan tradisi Jepang yang lebih luas.

Ciri-ciri wibu dalam tingkat yang parah, biasanya mereka kurang menghargai budaya mereka sendiri. Istilah tersebut kerap disebut Japanofilia

Anime dan manga adalah salah satu ekspor Jepang yang menginspirasi banyak orang di dunia sehingga terobsesi menjadi wibu. 

Baca Juga: Jadwal tayang anime terbaru Oktober 2021, ada Mushoku Tensei hingga Demon Slayer S2

Ciri-ciri wibu 

Jika Anda tidak yakin apakah Anda bertingkah seperti wibu atau tidak, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Nah, inilah sejumlah ciri-ciri wibu:

1. Menyisipkan Bahasa Jepang

Ciri-ciri wibu yang pertama adalah cara menggunakan Bahasa Jepang yakni dengan memasukkan kata-kata Bahasa Jepang dalam percakapan tanpa alasan yang jelas. Misalnya, kawaii, desu, chibi

2. Suka menggunakan produk buatan Jepang 

Selanjutnya, ciri-ciri wibu adalah ketika Anda lebih suka menggunakan barang-barang buatan Jepang, maka Anda bisa mendekati wibu. Misalnya, jika ada sesuatu yang dijual merupakan produk AS dan Jepang dan Anda memilih barang Jepang meskipun ada biaya tambahan, maka bisa jadi Anda juga seorang wibu. 

Baca Juga: Awas spoiler! Boruto episode 218: Kurama dan Naruto berpisah setelah sekian lama

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru