Atasi bibir kering, ini 4 pelembab bibir dari bahan alami

Kamis, 07 Januari 2021 | 18:05 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Atasi bibir kering, ini 4 pelembab bibir dari bahan alami


KESEHATAN - Tak hanya membuat tidak nyaman, bibir kering dan pecah-pecah bisa mengganggu penampilan. Ada banyak cara mengatasi bibir kering yang bisa Anda lakukan. Misalnya, menggunakan pelembab bibir dari bahan alami.

Selain dehidrasi, bibir pecah-pecah juga bisa disebabkan oleh faktor lainnya. Mulai dari paparan sinar matahari hingga angin atau cuaca yang dingin dan kering. Kebiasaan Anda sehari-hari pun bisa menyebabkan bibir menjadi kering, lo.

Beberapa kebiasaan yang sebaiknya Anda hentikan adalah membasahi bibir dengan air liur terlalu sering, merokok, mengonsumsi minuman beralkohol. Penggunaan pasta gigi juga bisa membuat bibir iritasi. Begitu pula dengan jenis obat tertentu yang Anda minum.

Bibir yang kering dan pecah-pecah biasanya diatasi dengan memakai lip balm. Namun, hal itu bukan merupakan solusi jangka panjang. Alih-alih menggunakan lip balm, cobalah untuk memanfaat bahan-bahan alami yang ada di sekitar Anda.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan bibir hitam, bisa pakai bahan alami

Minyak kelapa

Bahan alami pertama yang berguna sebagai pelembab bibir adalah minyak kelapa. Mengutip dari Stylecraze, asam lemak dalam minyak kelapa mampu menghidrasi kulit dengan baik sehingga bibir menjadi lebih lembut.

Caranya, campurkan beberapa tetes minyak kelapa dengan tea tree oil. Gunakan campuran itu pada bibir lalu diamkan beberapa saat. Anda bisa memakainya sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari atau biarkan semalaman saat Anda tidur.

Timun

Tak hanya minyak kelapa, timun jadi bahan alami lainnya yang mampu mengatasi bibir kering. Langkah yang perlu Anda lakukan cukup mudah, gosokkan irisan timun pada bibir secara perlahan selama satu hingga dua menit. Diamkan selama beberapa saat kemudian bilas dengan air.

Baca Juga: Bahan alami terbaik sebagai cara memerahkan bibir

Lidah Buaya

Lidah buaya termasuk dalam salah satu pelembab bibir yang bisa Anda coba.

Pelembab bibir selanjutnya bisa Anda buat dengan memanfaatkan lidah buaya. Stylecraze meyebutkan, kandungan dalam lidah buaya mampu mengikat sel kulit yang mengelupas sehingga bibir terasa lebih lembut dan sehat.

Selain mengangkat sel kulit mati, lidah buaya juga memberikan efek menenangkan pada bibir. Caranya, aplikasikan gel lidah buaya pada bibir kemudian diamkan selama semalaman. Ulangi langkah tersebut secara rutin untuk mendapat hasil yang diinginkan.

Petroleum Jelly

Petroleum jelly juga bisa mengatasi bibir kering yang Anda alami. Bahan alami ini mampu mengembalikan kelembaban dan meningkatkan regenerasi kulit sehingga bibir menjadi lebih sehat. Anda bisa mengaplikasikan petroleum jelly beberapa kali dalam sehari.

Selanjutnya: 4 Cara memerahkan bibir yang tidak diketahui banyak orang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru