Ayah dan bunda, yuk kenali 5 fakta penting tentang tidur bayi

Sabtu, 30 Januari 2021 | 03:15 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Ayah dan bunda, yuk kenali 5 fakta penting tentang tidur bayi

KONTAN.CO.ID -  Anda mungkin sering bertanya mengapa bayi tidur terus atau senang bangun di tengah malam. Kebiasaan tidur bayi tersebut kadang membuat orang tua khawatir. 

Ternyata kebiasaan tidur buah hati ada maksud tertentu. Tidak hanya sekedar mengistirahatkan badan, tidur menjadi media penting dalam tumbuh kembang buah hati. 

Melansir Sleep Foundation, tidur yang cukup berpengaruh pada kosentrasi, perkembangan otak dan memori, serta perkembangan kemampuan motorik. 

Karenanya, tidur untuk anak-anak terutama bayi sangat penting. Simak fakta-fakta tentang tidur bayi di bawah ini, dirangkum dari Sleep Advisor. 

Bangun tengah malam sangat penting bagi bayi

Orang tua pasti sering bangun tengah malam karena buah hati bangun dan menangis. Kebiasaan bayi bangun tengah malam membuat orang tua menjadi kurang tidur. Namun, hal ini ternyata normal saat manusia masih bayi. 

Bersumber dari Sleep Advisor, bayi sangat mudah terganggu saat tidur. Hal ini penting untuk kelangsungan hidupnya. Buah hati perlu menyusu setiap 3-4 jam sekali karena ASI sangat mudah dicerna. 

Tidak heran jika buah hati akan terbangun di malam hari dan meminta makan. Kebiasaan bayi yang mudah terbangun tersebut sebagai sinyal dia sedang lapar, tidak nyaman, atau sakit.

Baca Juga: 5 Kebiasaan ini bisa bikin bayi lahir cerdas, yuk simak apa saja

Belum memahami siang dan malam

Bayi yang baru lahir belum bisa membedakan siang dan malam. Hal ini menyebabkan bayi tidur terus saat pagi dan siang, namun terjaga saat malam hari. 

Di usia 1-3 bulan, sistem sirkadian atau sistem yang menatur siklus tidur-bangun, masih dalam tahap berkembang. Karenanya, jangan heran jika buah hati akan selalu tidur saat pagi hari namun aktif saat malam.

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru