Bagaimana cara kucing berkembang biak?

Kamis, 23 September 2021 | 15:11 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Bagaimana cara kucing berkembang biak?

ILUSTRASI. Kucing berkembang biak.

KONTAN.CO.ID - Bagaimana cara kucing berkembang biak? Hal itu barangkali sering dipertanyakan di antara para pecinta kucing. Seperti hewan mamalia lainnya, kucing berkembang biak dengan cara melahirkan. 

Dikutip dari laman VCA, cara berkembang biak kucing sangat bergantung dari masa birahi yang bisa datang kapan saja. Masa birahi ini bisa berlangsung dalam beberapa hari dan terjadi beberapa kali dalam setahun.

Musim kawin kucing bervariasi menurut faktor geografis dan lingkungan seperti lamanya waktu siang hari dan suhu. Di belahan Bumi Utara, kucing betina biasanya mengalami birahi dari Januari atau Februari hingga akhir musim gugur. 

Sementara kucing yang tinggal di daerah tropis atau yang lebih dekat dengan Khatulistiwa bisa birahi sepanjang tahun. 

Baca Juga: Bahaya! Jangan Berikan Obat Manusia untuk Kucing Peliharaan

Tanda kucing birahi

Tanda-tanda kucing birahi yang paling menonjol adalah perubahan perilakunya. Kebanyakan kucing menjadi sangat penyayang dan mencari perhatian dari pemiliknya. Mereka terus-menerus ingin bergesekan dengan orang atau benda seperti furnitur.

Kucing akan mendekat dan menggesek-gesekan bulunya dengan pemilik maupun perabot rumah untuk menarik perhatian. Kucing yang birahi juga rajin berguling di lantai. 

Ketika dibelai di sepanjang punggung atau tulang belakang, kucing akan mengangkat bagian belakang mereka ke atas. Mereka juga menjadi lebih sering bersuara.

Perubahan perilaku ini sering mengganggu pemilik, dan terkadang pemilik mengira kucing mereka memiliki penyakit yang tidak biasa. 

Baca Juga: Ternyata, Kucing Tak Boleh Diberi Minum Susu Sembarangan

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru