Baik untuk kesehatan tubuh, mari ketahui 4 fungsi vitamin C

Selasa, 23 Februari 2021 | 20:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Baik untuk kesehatan tubuh, mari ketahui 4 fungsi vitamin C

KONTAN.CO.ID - Ada banyak fungsi vitamin C untuk tubuh. Sayangnya, tubuh Anda tidak bisa memproduksi vitamin C sendiri.

Anda perlu mengonsumsi beberapa jenis makanan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C Anda. Misalnya, lemon, jeruk, brokoli, dan lain-lain.

Mengutip dari Healthline, wanita disarankan mengonsumsi 75 mg vitamin C per hari. Sedangkan ukuran untuk laki-laki adalah 90 mg per hari. Dengan memenuhi kebutuhan tersebut, tubuh dapat berfungsi secara normal.

Bahkan, vitamin C dapat mencegah penyakit kronis, lo. Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh sehingga serangan radikal bebas bisa dilawan secara optimal.

Tentu saja, masih banyak fungsi lain yang dimiliki oleh vitamin C.

Baca Juga: Jangan disepelekan, ini 5 manfaat vitamin D untuk kesehatan

Mengontrol tekanan darah

Tekanan darah yang tidak terkontrol dapat mengganggu kesehatan tubuh Anda. Contoh, tekanan darah tinggi yang berpengaruh pada kesehatan jantung. Hal itu bisa Anda hindari dengan mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin C.

Meski demikian, belum bisa dipastikan apakah vitamin C berpengaruh pada tekanan darah dalam jangka waktu lama atau tidak.

Untuk itu, sebaiknya jangan hanya mengandalkan vitamin C. Anda perlu berkonsultasi dengan dokter agar mendapat penangan yang tepat terkait tekanan darah Anda.

Menjaga kesehatan jantung

Fungsi vitamin C selanjutnya adalah menjaga kesehatan jantung Anda. Menurut sebuah analisis yang dilakukan pada 13 penelitian, mereka yang mengonsumsi minimal 500 mg vitamin C mengalami penurunan kolesterol jahat.

Sama seperti tekanan darah tinggi, kolesterol jahat yang terlalu banyak dalam tubuh dapat mengganggu kesehatan jantung. Itulah mengapa saat jumlahnya berkurang, kesehatan jantung menjadi lebih terkontrol.

Baca Juga: 4 Fungsi vitamin E, bisa meningkatkan sistem imun tubuh

Mencegah anemia

Salah satu fungsi vitamin C adalah mencegah anemia.

Anemia atau kondisi tubuh yang kekurangan darah merah dapat mengganggu kesehatan dan aktivitas Anda sehari-hari. Anda menjadi lebih mudah pusing, tubuh terasa lemas, dan konsentrasi mudah hilang.

Untuk menghindari hal itu, Healthline merekomendasikan Anda untuk memenuhi kebutuhan vitamin C. Jenis vitamin itu mampu meningkatkan penyerapan zat besi sehingga anemia bisa teratasi dengan baik.

Mencegah demensia

Demensia adalah salah satu penyakit yang banyak dialami oleh orang tua. Jenis penyakit itu berhubungan dengan memori seseorang. Untuk menghindari penyakit tersebut, cobalah untuk memenuhi kebutuhan vitamin C.

Vitamin C terbukti mampu menjaga kemampuan berpikir dan memori Anda seiring bertambahnya usia. Jika makanan yang Anda konsumsi tak cukup untuk kebutuhan vitamin C per hari, tak ada salahnya untuk mengonsumsi suplemen vitamin C.

Tentu, Anda perlu menggunakannya sesuai dengan intruksi dokter.

Selanjutnya: Penting untuk tumbuh kembang anak, berikut manfaat serta makanan kaya vitamin A

Editor: Belladina Biananda
Terbaru