CLOSE [X]

Banyak yang sering tak menyadari, ini 9 gejala awal diabetes tipe 2

Selasa, 02 November 2021 | 11:37 WIB Sumber: Kompas.com
Banyak yang sering tak menyadari, ini 9 gejala awal diabetes tipe 2

ILUSTRASI. Banyak yang sering tak menyadari, ini 9 gejala awal diabetes tipe 2


KONTAN.CO.ID - Diabetes tipe 2 menyebabkan kadar gula darah seseorang jadi terlalu tinggi. Itu sebabnya, Anda harus mengenali tanda dan gejala awal dari kondisi kronis ini.

Dengan mengenali tanda dan gejala awal diabetes tipe 2, maka seseorang bisa mendapatkan perawatan lebih cepat, yang mengurangi risiko komplikasi parah. 

Diabetes tipe 2 adalah kondisi umum. Orang dengan pradiabetes memiliki kadar gula darah yang lebih tinggi dari normal, tapi dokter belum menganggap mereka menderita diabetes. 

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), penderita pradiabetes sering mengembangkan diabetes tipe 2 dalam waktu lima tahun jika tidak mendapatkan pengobatan. 

Diabetes tipe 2 bisa timbul bertahap dan gejalanya ringan selama tahap awal. Akibatnya, banyak orang mungkin tidak menyadari bahwa mereka memiliki kondisi ini. 

Meski demikian, ada beberapa gejala dan tanda awal diabetes tipe 2, seperti dilansir dari Medical News Today

Baca Juga: Kopi bisa menurunkan risiko terkena diabetes, tapi punya efek buruk buat penderita

1. Sering buang air kecil 

Ketika kadar gula darah tinggi, ginjal mencoba membuang kelebihan gula dengan menyaringnya keluar dari darah. Hal ini bisa menyebabkan seseorang perlu buang air kecil lebih sering, terutama di malam hari.

2. Meningkatkan rasa haus 

Sering buang air kecil yang diperlukan untuk menghilangkan kelebihan gula dari darah dapat menyebabkan tubuh kehilangan air tambahan. Seiring waktu, ini bisa menyebabkan dehidrasi dan menyebabkan seseorang merasa lebih haus dari biasanya. 

3. Selalu merasa lapar 

Penderita diabetes sering kali tidak mendapatkan energi yang cukup dari makanan yang mereka makan. Sistem pencernaan memecah makanan menjadi gula sederhana yang disebut glukosa, yang digunakan tubuh sebagai bahan bakar. 

Pada penderita diabetes, glukosa ini tidak cukup bergerak dari aliran darah ke sel-sel tubuh. Akibatnya, penderita diabetes tipe 2 sering merasa lapar terus-menerus, terlepas dari seberapa baru mereka makan. 

Baca Juga: Minum air putih, ini 7 cara sederhana terbukti cegah gula darah tinggi

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru