CLOSE [X]

Begini 5 cara gampang hilangkan noda tinta di pakaian dengan bahan sederhana

Rabu, 15 Juli 2020 | 17:13 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Begini 5 cara gampang hilangkan noda tinta di pakaian dengan bahan sederhana

ILUSTRASI. Cara menghilangkan noda tinta di pakaian.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menghilangkan noda tinta di pakaian sering menjadi pekerjaan yang melelahkan. Banyak sekali pembersih pakaian yang mungkin Anda gunakan hanya untuk membersihkan noda tinta yang tidak seberapa.

Alih-alih hilang, noda tinta tersebut malah semakin betah berada di baju dan tidak hilang. Karena tidak bisa hilang, banyak dari Anda mungkin akhirnya membuang baju tersebut hanya karena ada noda tinta.

Untuk mengatasi noda tinta di baju, Anda tidak perlu banyak menggunakan pembersih atau pemutih pakaian. Terlebih, jika pakaian yang ternoda tinta bukan pakaian berwarna putih.

Menggunakan pemutih pakaian justru akan membuat warna pakaian Anda memudar, sedangkan noda tinta tidak hilang. Melansir boldsky, berikut 5 cara mudah menghilangkan noda tinta di pakaian dengan bahan yang sederhana:

Baca Juga: 3 cara mudah menghilangkan karat di stainless steel

Garam

Taburkan garam di atas noda tinta yang masih basah, lalu usap perlahan garam tersebut. Gunakan lap basah untuk mengelap garam tersebut. Ulangi jika masih ada sisa tinta yang tersisa.

Aseton atau nail paint remover

Usap bagian yang terkena tinta menggunakan sedikit aseton. Gunakan cotton bath atau kapas untuk mengoleskan aseton. Jika noda tinta sudah hilang, cuci baju seperti biasa

Maizena

Campurkan maizena dengan sedikit susu hingga menjadi pasta. Bubuhkan pasta maizena ke noda tinta dan tunggu hingga kering. Setelah kering, hilangkan maizena lalu cuci baju seperti biasa.

Susu

Siapkan susu dalam wadah yang cukup besar. Rendam baju yang terkena tinta di dalam susu dan diamkan semalam. Setelah noda hilang, cuci baju seperti biasa.

Baca Juga: Awas bahaya kecoa, ini cara ampuh mengusirnya dengan bahan alami

Cuka dapur

Campurkan 3 sendok maizena dengan 2 sendok cuka dapur, aduk hingga membentuk pasta. Basahi noda tinta lalu oleskan pasta cuka di noda tersebut.

Tunggu hingga kering. Setelah noda hilang, cuci baju seperti biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru