Besok 8 Februari 2024 Libur Apa? Cek Ucapan Isra Miraj

Rabu, 07 Februari 2024 | 15:51 WIB   Reporter: Adi Wikanto, Nur Afitria Cika
Besok 8 Februari 2024 Libur Apa? Cek Ucapan Isra Miraj

ILUSTRASI. Besok 8 Februari 2024 Libur Apa? Cek Ucapan Isra Miraj


8 Februari 2024 Libur Apa - Jakarta. Mulai besok 8 Februari 2024 libur panjang hingga Minggu 11 Februari 2024. Lalu, 8 Februari 2024 libur apa? Cek juga ucapan Isra Miraj 2024 berikut.

Tanggal 8 Februari 2024 adalah tanggal merah atau hari libur perayaan Isra Miraj.Penetapan tanggal merah itu tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 8 Tahun 2024 tentang Hari-Hari Libur. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Keppres hari libur dan tanggal merah nasional itu pada 29 Januari 2024.

Dilansir dari website Kementerian Agama (Kemenag), Isra miraja dalah dua perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dalam waktu satu malam. Kejadian ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam. Sebab, pada peristiwa ini Nabi Muhammad SAW mendapat perintah untuk menunaikan salat lima waktu sehari semalam.

Isra miraj terjadi pada periode akhir kenabian di Makkah, sebelum Rasulullah SAW hijrah ke Madinah. Menurut al-Maududi dan mayoritas ulama, Isra miraj terjadi pada tahun pertama sebelum hijrah, yaitu antara tahun 620-621 M.

Tanggal merah dan libur nasional Isra Miraj ditetapkan secara resmi pertama kalinya dengan Keppres no 24 tahun 1953.

Terbaru, penetapan Isra Miraj sebagai libur nasional pada 8 Februari 2024 tertuang di Keppres 8 tahun 2024. Pada saat Keputusan Presiden ini mulai berlaku, maka empat Keppres yakni Keppres Nomor 251 Tahun 1967 tentang Hari-Hari Libur, Keppres Nomor 148 Tahun 1968 tentang Perubahan Keputusan Presiden Nomor 251 Tahun 1967 tentang Hari-Hari Libur. Lalu Keppres Nomor 10 Tahun 1971 tentang Hari Wafat Isa Al-Masih Dinyatakan Sebagai Hari Raya/Hari Libur dan Keppres Nomor 3 Tahun 1983 tentang Perubahan atas Keppres Nomor 251 Tahun 1967 tentang Hari-Hari Libur sebagaimana telah beberapa kali diubah, terakhir dengan Keppres Nomor 10 Tahun 1970 dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

“Keppres Nomor 8 Tahun 2024 ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan, yakni pada tanggal 29 Januari 2024”, bunyi akhir Keppres tersebut.

Dalam keputusan presiden tersebut, menetapkan hari-hari libur tahun 2024 yang terdiri dari 16 hari libur, yaitu:

Tanggal merah dan hari libur nasional Januari 2024:
– 1 Januari (Senin): Tahun Baru Masehi

Tanggal merah dan hari libur nasional Februari 2024:
– 8 Februari (Kamis): Isra Mikraj Nabi Muhammad saw.
– 10 Februari (Sabtu): Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili

Tanggal merah dan hari libur nasional Maret 2024:
– 11 Maret (Senin): Hari Suci Nyepi (Tahun Baru Saka)
– 29 Maret (Jumat): Wafat Yesus Kristus
– 31 Maret (Minggu): Kebangkitan Yesus Kristus (Paskah)

Tanggal merah dan hari libur nasional April 2024:
– 10-11 April (Rabu-Kamis): Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah

Tanggal merah dan hari libur nasional Mei 2024:
– 1 Mei (Rabu): Hari Buruh Internasional
– 9 Mei (Kamis): Kenaikan Yesus Kristus
– 23 Mei (Kamis): Hari Raya Waisak 258 BE

Tanggal merah dan hari libur nasional Juni 2024:

– 1 Juni (Sabtu): Hari Lahir Pancasila
– 17 Juni (Senin) : Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah

Tanggal merah dan hari libur nasional Juli 2024:
– 7 Juli (Minggu):  Tahun Baru Islam 1446 Hijriah

Tanggal merah dan hari libur nasional Agustus 2024:
– 17 Agustus (Sabtu): Hari Kemerdekaan RI

Tanggal merah dan hari libur nasional September 2024:
– 16 September (Senin) : Maulid Nabi Muhammad saw.

Tanggal merah dan hari libur nasional Desember 2024:
– 25 Desember (Rabu): Kelahiran Yesus Kristus (Natal)

Daftar cuti bersama 2024

Siap-siap libur panjang long weekend pada Februari 2024. Ada gabungan tanggal merah dan cuti bersama pada Februari 2024.

Dilansir dari laman Sekretariat Kabinet, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menandatangani Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 7 Tahun 2024 tentang Cuti Bersama Pegawai Aparatur Sipil Negara Tahun 2024.

Aturan yang ditandatangani pada tanggal 9 Januari 2024 ini diterbitkan dengan pertimbangan, dalam rangka mewujudkan efisiensi dan efektivitas hari kerja serta memberi pedoman bagi instansi pemerintah dalam melaksanakan cuti bersama tahun 2024.

Dalam diktum KESATU peraturan ini disebutkan bahwa Presiden menetapkan cuti bersama pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2024 yaitu pada:
– Jumat, 9 Februari 2024 sebagai cuti bersama Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili;
– Selasa, 12 Maret 2024 sebagai cuti bersama Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1946;
– Senin, Selasa, Jumat, Senin, 8, 9, 12, dan 15 April 2024 sebagai cuti bersama Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah;
– Jumat, 10 Mei 2024 sebagai cuti bersama Kenaikan Isa Almasih;
– Jumat, 24 Mei 2024 sebagai cuti bersama Hari Raya Waisak;
– Selasa, 18 Juni 2024 sebagai cuti bersama Hari Raya lduladha 1445 Hijriah; dan
– Kamis, 26 Desember 2024 sebagai cuti bersama Hari Raya Natal.

“Cuti bersama sebagaimana dimaksud pada diktum KESATU tidak mengurangi hak cuti tahunan Pegawai Aparatur Sipil Negara,” ditegaskan dalam Keppres yang dapat diakses pada laman JDIH Sekretariat Kabinet ini.

Dalam Keppres juga disebutkan, pegawai ASN yang karena jabatannya tidak diberikan hak atas cuti bersama, hak cuti tahunannya ditambah sesuai dengan jumlah cuti bersama yang tidak diberikan.

Keppres 7/2024 ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan, yaitu 9 Januari 2024.

Ucapan Isra Miraj

Dalam perayaan Isra Miraj, umat Islam di seluruh dunia merayakan momen yang penuh makna ini dengan berbagai doa, dzikir, dan refleksi spiritual. 

Selain berdoa, Anda juga dapat menggunakan ucapan Isra Miraj Nabi Muhammad untuk menyampaikan harapan dan doa dalam bahasa Indonesia. 

Nah, berikut ini 30 ucapan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW. 

1. Selamat memperingati Isra Miraj, momen spiritual yang mengajarkan kita tentang keberanian, ketabahan, dan keimanan Nabi Muhammad SAW.

2. Isra Miraj mengingatkan kita akan kekuasaan dan kebesaran Allah SWT. Semoga kita semua dapat meneladani kehidupan Nabi Muhammad SAW.

3. Dalam peringatan Isra Miraj, mari kita tingkatkan kualitas ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan mengikuti jejak Nabi Muhammad SAW.

4. Selamat merayakan Isra Miraj, momen yang mengajarkan kita tentang pentingnya menguatkan iman dan meningkatkan kualitas ibadah kita.

5. Dengan peringatan Isra Miraj, mari kita renungkan tentang kebesaran Allah SWT dan merenungkan arti sejati dari ketakwaan.

6. Isra Miraj mengajarkan kita tentang pentingnya berusaha dan berserah diri kepada Allah SWT dalam setiap perjalanan hidup kita.

7. Selamat Isra Miraj, momen yang mengingatkan kita akan pentingnya berpegang teguh pada ajaran Islam dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

8. Dalam perayaan Isra Miraj, mari kita tingkatkan kecintaan kita kepada Rasulullah SAW dengan mengikuti ajaran dan teladan beliau.

9. Selamat memperingati Isra Miraj, momen yang mengingatkan kita akan pentingnya menghormati dan menghargai ajaran Islam dalam kehidupan kita.

10. Isra Miraj mengajarkan kita tentang pentingnya menjaga akhlak dan berperilaku baik dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

11. Dalam peringatan Isra Miraj, mari kita tingkatkan ibadah kita kepada Allah SWT dan memperbanyak amalan yang baik dalam hidup kita.

Baca Juga: 33 Twibbon Isra Miraj 2024, Simpan dan Pakai Bingkai Foto Islami

12. Selamat Isra Miraj, momen yang mengajarkan kita tentang pentingnya menjaga hubungan baik dengan sesama dan menjalani hidup dengan penuh kebaikan.

13. Isra Miraj mengingatkan kita akan pentingnya merenungkan makna hidup dan menjalani kehidupan dengan penuh kesadaran akan kebesaran Allah SWT.

14. Dalam perayaan Isra Miraj, mari kita tingkatkan keikhlasan dalam beribadah dan memperbanyak doa kepada Allah SWT. 

15. Selamat memperingati Isra Miraj, momen yang mengajarkan kita tentang pentingnya menjaga keutamaan akhlak dan budi pekerti dalam kehidupan sehari-hari.

16. Isra Miraj mengajarkan kita tentang pentingnya menjalani hidup dengan penuh kesabaran dan keteguhan hati dalam menghadapi ujian hidup.

17. Dalam peringatan Isra Miraj, mari kita tingkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT dengan mengikuti jejak Nabi Muhammad SAW.

18. Selamat Isra Miraj, momen yang mengajarkan kita tentang pentingnya menghargai nikmat Allah SWT dan bersyukur atas segala karunia-Nya.

19. Isra Miraj mengingatkan kita akan pentingnya merenungkan makna hidup dan menjalani kehidupan dengan penuh kesadaran akan kebesaran Allah SWT.

20. Dalam perayaan Isra Miraj, mari kita tingkatkan keikhlasan dalam beribadah dan memperbanyak doa kepada Allah SWT.

21. Selamat memperingati Isra Miraj, momen yang mengajarkan kita tentang pentingnya menjaga keutamaan akhlak dan budi pekerti dalam kehidupan sehari-hari.

22. Isra Miraj mengajarkan kita tentang pentingnya menjalani hidup dengan penuh kesabaran dan keteguhan hati dalam menghadapi ujian hidup.

23. Dalam peringatan Isra Miraj, mari kita tingkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT dengan mengikuti jejak Nabi Muhammad SAW.

24. Selamat Isra Miraj, momen yang mengajarkan kita tentang pentingnya menghargai nikmat Allah SWT dan bersyukur atas segala karunia-Nya.

25. Isra Miraj mengingatkan kita akan pentingnya menjaga kebersihan hati dan menjalani kehidupan dengan penuh kesadaran akan kebersihan jiwa.

26. Dalam perayaan Isra Miraj, mari kita tingkatkan ketaatan kita kepada Allah SWT dan memperbanyak amalan yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

27. Selamat memperingati Isra Miraj, momen yang mengajarkan kita tentang pentingnya merenungkan makna hidup dan menjalani kehidupan dengan penuh kesadaran akan kebesaran Allah SWT.

28. Isra Miraj mengajarkan kita tentang pentingnya menjaga hubungan baik dengan sesama dan menjalani kehidupan dengan penuh kebaikan.

Baca Juga: Selamat Maulid Nabi Muhammad SAW, Mari Gunakan Link Download Twibbon Maulid Nabi

29. Dalam peringatan Isra Miraj, mari kita tingkatkan keikhlasan dalam beribadah dan memperbanyak doa kepada Allah SWT.

30. Selamat Isra Miraj, momen yang mengajarkan kita tentang pentingnya menjaga kebersihan hati dan menjalani kehidupan dengan penuh kesadaran akan kebersihan jiwa.

Dengan ucapan-ucapan selamat ini, mari kita sambut peringatan Isra Miraj dengan penuh kegembiraan dan kebersyukuran atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada umat manusia. 

 

Itulah informasi tanggal merah 8 Februari 2024. Mari sambut Isra Miraj dengan amalan-amalan baik.

 

 

 

 

 

Selanjutnya: Asik! Cinema XXI Gelar Promo Buy 1 Get 1 Free Tiket Film Kupu-Kupu Kertas

Menarik Dibaca: 6 Jenis Nian Gao, si Kue Keranjang Imlek Asal Cina yang Bercita Rasa Manis dan Asin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru