Bisa mengurangi tanda-tanda penuaan, begini 4 manfaat madu untuk wajah

Selasa, 01 Desember 2020 | 19:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bisa mengurangi tanda-tanda penuaan, begini 4 manfaat madu untuk wajah

KONTAN.CO.ID - Madu adalah salah satu bahan alami yang memiliki segudang manfaat. Salah satu manfaat madu adalah mengatasi berbagai macam masalah kulit wajah.

Berikut manfaat madu untuk wajah yang bisa Anda dapatkan:

Pembersih wajah

Madu memiliki banyak kandungan bermanfaat, seperti antioksidan, antibakteri, dan antiseptik. Kandungan-kandungan tersebut cocok digunakan untuk melawan jerawat yang muncul di wajah Anda.

Pori-pori yang tersumbat dan berpotensi menimbulkan jerawat bisa diatasi madu dengan baik. Cara yang perlu Anda lakukan untuk menggunakan madu sebagai pembersih wajah cukup mudah.

Pertama-tama, basahi wajah dengan air hangat lalu pijatkan madu pada wajah dengan gerakan memutar selama 30 detik. Setelah itu, bilas dengan air dan lanjutkan dengan perawatan lain yang biasa Anda gunakan.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan kerutan di bawah mata dengan bahan alami

Pembersih sel kulit mati

Sebagian besar masalah kulit terjadi karena pori-pori tersumbat oleh sel kulit mati. Saat sel kulit mati menumpuk dan tak Anda bersihkan, kulit menjadi gatal dan mudah iritasi.

Hal itu bisa Anda atasi dengan memakai madu dan bahan alami lainnya. Setelah membersihkan wajah, bersumber dari Purewow.com, madu dan bahan alami lain diaplikasikan pada wajah selama delapan hingga 10 menit.

Sehabis itu, bilas dengan air hingga bersih. Lakukan cara tersebut sekali hingga dua kali dalam seminggu untuk mendapat hasil maksimal.

Pelembab kulit

Manfaat madu untuk wajah selanjutnya adalah bisa Anda pakai sebagai pelembab kulit. Apalagi, bagi Anda yang memiliki tipe kulit kering.

Antioksidan dalam madu akan melawan radikal bebas dan menghidrasi kulit dengan baik. Hasilnya, kulit Anda akan terlihat lebih lembut dan terawat.

Baca Juga: 4 Masker jerawat alami yang mudah dibuat

Mengurangi tanda-tanda penuaan

Seiring bertambahnya usia, tanda-tanda penuaan akan muncul di kulit wajah Anda.

Tak hanya itu, kemunculan tanda-tanda penuaan bisa semakin parah jika Anda menerapkan pola hidup yang kurang sehat. Salah satu cara mencegah kemunculan kerutan dan tanda penuaan lain adalah dengan memakai madu.

Nah, madu mengandung antioksidan yang bermanfaat melawan radikal bebas. Hal itu membuat kelembaban kulit terjaga tanpa membuat produksi minyak berlebih atau iritasi.

Dengan begitu, kulit wajah Anda akan terlihat lebih kencang dan bebas masalah.

Selanjutnya: 4 Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan bahan alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru