Bisa menurunkan kolesterol dan berat badan, ini ​9 manfaat kimchi bagi kesehatan

Rabu, 02 Desember 2020 | 21:15 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Bisa menurunkan kolesterol dan berat badan, ini ​9 manfaat kimchi bagi kesehatan


KESEHATAN - Kata Kimci belakangan sedang naik daun, menyusul pertikaian di media sosial antara warga China dan Korea Selatan. Terlepas dari itu, banyak manfaat kimchi bagi kesehatan.

Upaya China untuk memenangkan sertifikasi internasional untuk Pao Cai, hidangan sayur acar dari Sichuan, berubah jadi pertikaian di media sosial. Pertikaian ini terkait asal usul Kimchi, masakan pokok Korea Selatan yang terbuat dari kubis.

Dikutip dari Kontan.co.id, Selasa (1/12), Beijing baru-baru ini memenangkan sertifikasi dari ISO buat Pao Cai, sebuah pencapaian yang Global Times sebut sebagai "standar internasional untuk industri Kimchi yang dipimpin China".

Media Korea Selatan dengan cepat membantah klaim itu dan menuduh tetangganya mencoba menjadikan Kimchi sejenis Pao Cai buatan China. Episode tersebut memicu kemarahan di media sosial negeri ginseng.

Namun, di balik perseteruan tentang kimchi antara China dan Korea Selatan, makanan yang difermentasi tersebut memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Apa saja? 

Baca Juga: Ekonomi Korea Selatan di kuartal III-2020 tumbuh 2,1% dibanding kuartal sebelumnya

9 Manfaat kimchi untuk kesehatan

Dilansir dari laman Seoul Restaurant, berikut 9 manfaat kimchi bagi kesehatan: 

1. Mengandung bakteri sehat dan probiotik 

Kimchi merupakan makanan yang difermentasi sehingga mengandung "bakteri sehat" yang disebut Lactobacilli untuk membantu proses pencernaan tubuh Anda. Selain itu, proses fermentasi juga menghasilkan probiotik untuk melawan berbagai infeksi di tubuh. 

2. Menurunkan kadar kolesterol

Bawang putih yang ditemukan di kimchi mengandung allicin dan selenium untuk membantu menurunkan kolesterol tubuh. Selain itu, zat ini juga secara tidak langsung membantu mencegah terkena stroke atau penyakit kardiovaskular lainnya lantaran mencegah penumpukan plak di dinding arteri. 

3. Meningkatkan kesehatan dan penglihatan

Satu porsi kimchi seberat 100 gram memiliki 18% dari nilai harian vitamin A. Vitamin A dapat berperan sebagai antioksidan yang dapat membantu menghilangkan radikal bebas penyebab kanker dalam tubuh.

Tak hanya itu, Vitamin A juga penting untuk perkembangan janin dan meningkatkan kemampuan penglihatan mata. 

Baca Juga: Gara-gara makanan kimchi, Korea Selatan dan China perang di media sosial

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru