Cara mengenali penyakit batu ginjal, cermati dari tiga gejala ini

Jumat, 26 Maret 2021 | 11:05 WIB Sumber: Kompas.com
Cara mengenali penyakit batu ginjal, cermati dari tiga gejala ini

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kenali gejala atau tanda-tanda batu ginjal sejak dini. Mendeteksi gejala batu ginjal sejak dini memudahkan penyembuhannya.

Batu ginjal adalah endapan keras menyerupai batu yang terbentuk dari mineral dan garam di dalam ginjal. Endapan ini dapat bervariasi dalam ukuran, yakni beberapa bisa kecil seperti sebutir pasir, sementara lainnya bisa sebesar batu kerikil.

Melansir WebMD, ukuran batu ginjal ini tidak selalu sesuai dengan tingkat keparahan gejala yang mungkin dialami penderitannya.

Batu ginjal kecil dapat melewati saluran kemih tanpa menyebabkan gejala. Namun, batu-batu yang lebih besar dapat terjebak dalam saluran kemih. Ini biasanya titik di mana seseorang akan mengalami tanda atau gejala awal batu ginjal.

Gejala awal batu ginjal

Batu ginjal bisa terjadi di sepanjang saluran kemih mulai dari ginjal, ureter (saluran yang menghubungkan ginjal dengan kandung kemih), kandung kemih, hingga uretra (saluran yang membawa urine ke luar tubuh).

Merangkum Medical News Today, batu-batu ginjal kecil cenderung terjebak di ginjal atau bagian lain dari seluran kemih. Gejala ringan hingga sedang dapat terjadi selama batu ginjal kecil melewati saluran kemih, meski banyak orang bisa juga tak merasakan sakit.

Baca juga: 3 Bahan alami yang efektif mengobati batu ginjal

Sementara, gejala batu ginjal yang lebih besar bisa menyebabkan rasa sakit, perdarahan, peradangan, atau infeksi. Namun, gejala-gejala batu ginjal ini biasanya tidak berkembang sampai batu sudah mulai bergerak melalui saluran kemih.

Di bawah ini adalah beberapa tanda atau gejala awal yang mungkin mengindikasikan batu ginjal bergerak melalui saluran kemih:

1. Masalah aluran pencernaan

Seseorang yang memiliki batu ginjal dapat mengalami masalah atau gejala dengan lambung dan saluran gastrointestinal atau saluran pencernaan. Beberapa gejala masalah saluran pencernaan yang dapat menandakan batu ginjal meliputi:

  • Rasa mual
  • Muntah
  • Ketidaknyamanan perut umum yang tidak juga hilang

Menurut American Kidney Fund, seseorang perlu bertemu dengan dokter jika mereka mengalami gejala masalah saluran pencernaan di atas.

Simak gejala batu ginjal lain di halaman selanjutnya

 

Editor: Adi Wikanto
Terbaru