Cara menghilangkan kutu kucing bisa pakai 5 bahan ini

Selasa, 06 April 2021 | 13:07 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cara menghilangkan kutu kucing bisa pakai 5 bahan ini

ILUSTRASI. Lemon termasuk salah satu bahan alami yang bisa Anda manfaatkan sebagai cara menghilangkan kutu kucing.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tak hanya manusia, kutu juga bisa menyerang hewan peliharaan Anda, salah satunya kucing. Ada banyak cara menghilangkan kutu kucing yang bisa Anda coba. Mulai dari memakai produk perawatan yang dijual di pasaran hingga memanfaatkan bahan-bahan alami.

Sayangnya, kebanyakan produk yang dijual di pasaran terbuat dari bahan-bahan kimia. Bahan dasar itu mampu memberikan efek samping pada kucing atau anggota keluarga Anda yang lain. Untuk menghindari hal itu, cobalah untuk memakai bahan alami di sekitar Anda.

Namun, pastikan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter hewan, ya. Jika kutu kucing tak kunjung hilang setelah memakai bahan-bahan ini dan kondisinya semakin parah, jangan ragu untuk segera memeriksakan hewan peliharaan Anda. Dengan begitu, kucing Anda bisa mendapat perawatan yang tepat.

Lemon

Jika Anda mencari obat kutu kucing dari bahan alami, lemon bisa Anda jadikan pilihan. Mengutip dari The Spruce Pets (thesprucepets.com), asam sitrat dalam lemon cukup efektif menghilangkan kutu kucing. Anda hanya perlu merebus satu atau dua potong lemon.

Setelah mendidih, diamkan air rebusan itu beberapa saat lalu semprotkan ke bulu kucing. Hindari menyemprotkan air rebusan lemon di bagian mata, ya. Anda bisa melanjutkan cara tersebut beberapa kali hingga kutu hilang.

Baca Juga: 4 Tips agar kucing bahagia dengan aktivitas dalam rumah

Cuka Apel

Cuka apel bisa Anda gunakan sebagai cara menghilangkan kutu kucing.

Cara menghilangkan kutu kucing selanjutnya adalah dengan memanfaatkan cuka apel. Caranya, campur cuka apel dan air dengan perbandingan 2:1. Cairan itu tidak bisa membunuh kutu, jadi Anda harus menyiapkan tisu atau alat lain untuk membunuh kutu yang lari meninggalkan tubuh kucing Anda.

Lavender dan Kamomil

The Spruce Pets merekomendasikan lavender dan kamomil untuk sebagai cara membasmi kutu kucing. Jika Anda ingin memakai minyak lavender, pastikan untuk merendamnya dalam air selama semalaman terlebih dahulu.

Jika Anda ingin menggunakan teh kamomil, Anda perlu merebusnya dulu. Setelah dingin, semprotkan air teh kamomil pada bulu kucing. Ulangi cara-cara tersebut setiap hari supaya kutu bisa benar-benar hilang secara menyeluruh.

Baca Juga: 3 Cara mudah merawat kucing piaraan, khusus bagi pemula

Sabun Cuci Piring

Selain bahan-bahan yang sudah disebutkan, cara menghilangkan kutu kucing juga bisa Anda lakukan dengan memakai sabun cuci piring. Kandungan dalam sabun cuci piring akan menghancurkan kutu dan membunuhnya hanya dalam hitungan menit.

Selanjutnya: Ini penyakit yang kerab menyerang kucing peliharaan Anda

Editor: Belladina Biananda
Terbaru