Cara mengobati sariawan pada bayi beserta cara mencegahnya

Senin, 09 November 2020 | 16:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cara mengobati sariawan pada bayi beserta cara mencegahnya


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sariawan merupakan salah satu jenis penyakit mulut yang bisa dirasakan oleh semua orang, tak terkecuali bayi. Sariawan pada bayi membuatnya menjadi rewel dan tidak nyaman. Anda bisa menenangkan bayi dengan mengetahui penyebab, gejala, dan cara mengobati sariawan.

Penyebab Sariawan Pada Bayi

Ada banyak hal yang menyebabkan sariawan pada bayi. Mengutip dari Firstcry.com (parenting.firstcry.com), luka dalam mulut bisa muncul karena kekurangan vitamin, alergi makanan, dan infeksi virus.

Tak hanya itu, sariawan juga bisa terjadi akibat faktor genetik dan kecelakaan ringan. Misalnya, bagian dalam mulut yang tergigit secara tak sengaja atau menggosok gigi terlalu keras. Karena belum bisa mengutarakan sakit yang dirasakan, orangtua perlu peka terhadap gejala-gejala yang ditunjukkan.

Gejala Sariawan Pada Bayi

Ada beberapa gejala sariawan pada bayi yang bisa Anda perhatikan. Mulai dari luka berwarna putih atau kuning dengan warna merah di sekitarnya, muncul sensasi terbakar dan rasa tidak nyaman dalam mulut, dan kulit di sekitar bagian sariawan yang membengkak.

Baca Juga: 5 Cara menyembuhkan sariawan dengan bahan alami

Selain itu, bayi juga bisa menunjukkan gejala yang lain, seperti kesulitan untuk menelan dan mengunyah makanan. Saat tak hati-hati, darah bisa keluar dari sariawan ketika bayi sedang makan atau sikat gigi. Sariawan yang disebabkan oleh infeksi virus juga dapat menyebabkan bayi demam.

Cara Mengobati Sariawan Pada Bayi

Sebenarnya, sairawan pada bayi bisa sembuh sendiri, apalagi jika ukuran sariawan tak terlalu besar. Namun, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat proses penyembuhan. Pertama, hindari makanan panas, pedas, dan asam karena bisa memperparah rasa sakit akibat sariawan.

Kedua, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami. Firstcry.com merekomendasikan es batu untuk dipakai di sekitar area sariawan. Selain itu, Anda juga perlu menjaga tubuh bayi agar tak dehidrasi. Jika sariawan tak kunjung membaik, segera periksakan bayi ke dokter.

Baca Juga: Yuk kenali 5 cara membedakan sariawan dengan kanker mulut

Cara Mencegah Sariawan Pada Bayi

Agar sariawan tak terlalu sering dialami oleh bayi, ada beberapa pencegahan yang perlu Anda lakukan. Pertama, jangan lupa untuk mencuci tangan dan menjaga kebersihan perlengkapan bayi. Hal itu dilakukan agar tak ada virus dan kuman lain yang menginfeksi sehingga menimbulkan sariawan.

Hal yang sama juga berlaku pada benda-benda yang digunakan untuk mainan. Menjaga kebersihan mainan penting dilakukan, apalagi saat bayi gemar menggigit mainannya. Selain itu, usahakan untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan nutrisi bayi agar tak mudah mengalami sariawan dan penyakit lain.

Selanjutnya: Kenali jenis-jenis obat sariawan agar tidak salah pemakaian

Editor: Belladina Biananda


Terbaru