Catat, 4 manfaat jahe untuk wanita ini bisa Anda dapat

Kamis, 15 April 2021 | 14:17 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Catat, 4 manfaat jahe untuk wanita ini bisa Anda dapat

ILUSTRASI. Manfaat jahe untuk wanita bisa Anda dapat jika mengonsumsinya secara rutin.

KONTAN.CO.ID - Apakah Anda penggemar jahe? Ternyata, ada banyak manfaat jahe untuk wanita yang bisa Anda dapatkan, lo. Jenis rempah itu memiliki banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Mulai dari antioksidan hingga antiinflamasi.

Mengutip dari Her World, mengonsumsi jahe dapat mengurangi rasa mual akibat. Entah karena kemoterapi atau pemicu mual yang lain. Ada banyak bentuk jahe yang bisa Anda konsumsi untuk mendapat manfaat itu.

Misalnya, jahe dalam bentuk suplemen atau Anda mencampur jahe pada hidangan yang Anda konsumsi. Anda juga bisa mengonsumsi jahe yang dicampur dengan teh herbal favorit Anda.

Selain meredakan mual, masih banyak manfaat lain yang bisa Anda dapat dari mengonsumsi jahe.

Mengurangi nyeri otot

Jika Anda mengalami nyeri otot, cobalah untuk meredakan rasa sakitnya dengan jahe. Menurut sebuah penelitian yang berasal dari University of Georgia, mengonsumsi jahe secara rutin dapat mengurangi nyeri otot, apalagi yang disebabkan karena olahraga yang intens.

Antiinflamasi yang terkandung dalam jahe mampu mengurangi rasa sakit pada otot sehingga tubuh Anda bisa tetap berfungsi secara normal.

Meski demikian, jika nyeri otot tak kunjung hilang, segera periksakan diri ke dokter. Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Baca Juga: 4 Efek samping jahe untuk kesehatan bila dikonsumsi secara berlebihan

Meredakan nyeri haid

Manfaat jahe untuk wanita selanjutnya adalah meredakan nyeri haid. Cobalah untuk memperbanyak asupan jahe saat Anda memasuki siklus menstruasi. Dengan begitu, nyeri haid danrasa tidak nyaman lain akibat menstruasi bisa berkurang.

Menurunkan berat badan

Menurut laman Her World, jahe bisa digunakan sebagai cara menurunkan berat badan. Kandungan dalam jahe mampu meningkatkan suhu dalam tubuh Anda. Dengan begitu, metabolisme tubuh pun meningkat.

Saat metabolisme tubuh meningkat, proses pembakaran kalori menjadi lebih tinggi. Itulah mengapa proses penurunan berat badan berjalan lebih efektif.

Selain mengonsumsi jahe secara rutin, pastikan untuk menerapkan program diet yang lain, ya. Misalnya, melakukan olahraga sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga: 11 Manfaat jahe untuk kesehatan: turunkan kadar gula darah dan kolesterol

Meningkatkan sistem imun tubuh

Salah satu manfaat jahe untuk wanita adalah meningkatkan sistem imun tubuh.

Jahe juga mampu menjaga sistem imun tubuh Anda. Selain berpengaruh pada sistem imun tubuh, jahe bisa meningkatkan aliran darah sehingga berbagai jenis penyakit bisa dihadapi tubuh Anda dengan baik.

Selanjutnya: Jadi idola saat bulan puasa, ini manfaat kolang-kaling untuk kesehatan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru