Catat Call Center PLN 24 Jam untuk Melakukan Pengaduan Pelanggan

Sabtu, 17 Agustus 2024 | 13:00 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Catat Call Center PLN 24 Jam untuk Melakukan Pengaduan Pelanggan

ILUSTRASI. Call Center PLN 24 Jam untuk Melakukan Pengaduan Pelanggan. KONTAN/Cheppy A. Muchlis


PLN - JAKARTA. Setiap masalah terkait penyediaan listrik, gangguan, atau kerusakan bisa dilaporkan ke PLN. Pelanggan dapat dengan mudah mengakses layanan ini melalui pengaduan PLN yang tersedia selama 24 jam.

Proses pelaporan pengaduan ke PLN adalah tindakan di mana pelanggan atau pihak terkait melaporkan masalah atau keluhan mengenai layanan dari PLN (Perusahaan Listrik Negara).

Pelanggan dapat melaporkan berbagai isu, seperti pemadaman listrik, tagihan yang tidak sesuai, atau gangguan teknis lainnya. PLN menyediakan berbagai jalur komunikasi untuk memudahkan pelanggan dalam menyampaikan pengaduan mereka.

Jalur ini mencakup layanan telepon ke kantor perwakilan daerah atau menggunakan aplikasi resmi PLN.

Baca Juga: Inilah 5 Cara Cek ID Pelanggan PLN dengan Manual dan Online

Call Center Pengaduan PLN 24 Jam

Aktivitas pekerja PLN

Masalah kelistrikan sangat penting untuk ditangani dengan cepat dan tepat, karena jika tidak, aktivitas pelanggan bisa terganggu.

Sebagai pelanggan, penting untuk mengetahui berbagai saluran Call Center PLN untuk mengajukan pengaduan.

Anda bisa mengikuti panduan berikut ini, baik melalui layanan gratis maupun layanan yang memerlukan biaya telepon. Simak daftar call center PLN serta cara melaporkan pengaduan pelanggan yang dirangkum dari laman resmi instansi.

Dalam mengajukan laporan terkait masalah kelistrikan, detikers bisa simak cara lapor pengaduan PLN berikut:

 

1. Call Center PLN Lewat Telepon 123

Setiap pelanggan PLN bisa mengadukan laporan terkait penggunaan listrik lewat call center PLN di nomor 123 lewat telepon atau handphone. Anda hanya memasukkan (kode area) 123 pada menu telepon.

Layanan call center PLN bisa diakses selama 24 jam. Pastikan Anda memiliki pulsa yang cukup untuk melakukan pelaporan menggunakan telepon PLN.

2. Pengaduan PLN Via Aplikasi PLN Mobile

Sementara, aplikasi PLN Mobile berguna untuk menyampaikan keluhan tentang kelistrikan bagi pelanggan PLN.

  • Unduh aplikasi PLN Mobile dari Play Store atau App Store.
  • Masuk dengan nomor handphone, email, atau akun Google.
  • Di halaman utama aplikasi, pilih menu Pengaduan.
  • Tentukan jenis pengaduan yang ingin diajukan.
  • Masukkan ID pelanggan yang terkait dengan keluhan pada kolom yang disediakan, lalu klik Konfirmasi dan pilih Ya.
  • Jika tidak mengetahui nomor ID pelanggan, Anda bisa memilih lokasi melalui peta yang tersedia, kemudian klik Konfirmasi lokasi dan isi data lokasi yang sesuai.
  • Pilih Lanjutkan.
  • Jika ada, lampirkan foto kendala.
  • Isi deskripsi laporan, dan kirim pengaduan dengan menekan Kirim Pengaduan.
  • Pelanggan akan menerima nomor laporan dengan format: Gxxxxx.
  • Pilih Ok untuk meneruskan laporan ke pihak PLN.

Pelanggan bisa cek status penangan keluhan yang dilakukan petugas PLN terhadap laporan secara real time melalui aplikasi PLN Mobile.

3. Call Center PLN channel Media Sosial

Pelanggan juga dapat melaporkan kendala listrik melalui contact center PLN di sejumlah akun media sosial, yakni Twitter @pln_123, Facebook PLN 123, dan Instagram pln123_official.

Pelanggan bisa mengadukan laporan lewat direct message (DM) atau dengan mention akun-akun resmi tersebut.

4. Call Center PLN Via Email

Selain itu, keluhan mengenai listrik PLN bisa pelanggan melaporkan gangguan dengan email resminya di pln123@pln.co.id. Pelanggan dapat menuliskan keluhan yang terjadi serta melampirkan bukti foto kendala dan nomor meteran.

Apabila terdapat masalah lain, Anda bisa melampirkan dokumen pendukung. Tunggu hingga petugas membalas email dan memberikannya ke bagian regional PLN terkait.

Itulah beberapa informasi terkait Call Center PLN untuk layanan pengaduan beserta cara-cara melaporkan gangguan listrik oleh pelanggan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti
Terbaru