Catat, ini 4 penyebab keringat dingin yang perlu Anda perhatikan

Senin, 16 November 2020 | 18:20 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Catat, ini 4 penyebab keringat dingin yang perlu Anda perhatikan


KONTAN.CO.ID - Berbeda dengan keringat biasa, keringat dingin tidak terjadi karena aktivitas fisik atau suhu tinggi. Ada beberapa penyebab keringan dingin yang perlu Anda perhatikan.

Biasanya, keringat dingin tidak muncul di seluruh tubuh, melainkan hanya di telapak tangan, telapak kaki, dan ketiak. Berikut ini penyebab keringat dingin yang perlu Anda perhatikan:

Syok

Mengutip dari Healthline, keringat dingin bisa dipicu karena syok. Tubuh bereaksi terhadap kondisi ekstrem atau kecelakaan parah.

Saat syok, organ-organ dalam tubuh mengalami kekurangan darah dan oksigen sehingga tidak bisa berfungsi secara normal. Jika dibiarkan terlalu lama, organ-organ tersebut bisa mengalami gangguan.

Selain mengeluarkan keringat dingin, ada penyebab lain yang perlu Anda perhatikan. Mulai dari kulit pucat, bernapas lebih cepat daripada biasanya, muntah, pusing, hingga cemas.

Baca Juga: 4 Cara terbaik menghilangkan bau kaki

Sepsis

Sepsis terjadi saat sistem imun tubuh berusaha melawan infeksi virus atau bakteri yang terjadi di paru-paru, saluran kencing, dan bagian tubuh yang lain.

Bagi Anda yang mengalami sepsis, penggumpalan akan terjadi sehingga organ-organ mengalami kesulitan untuk mendapat oksigen. Hal itulah yang jadi penyebab keringat dingin.

Selain itu, Anda juga bisa mengalami demam tinggi, menggigil, kesulitan bernapas, dan pingsan. Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, segera minta pertolongan ke petugas kesehatan untuk mendapat perawatan yang tepat.

Vertigo

Vertigo bisa jadi salah satu penyebab keringat dingin yang perlu Anda waspadai.

Healthline menyebutkan, vertigo bisa jadi alasan lain mengapa Anda mengalami keringat dingin. Vertigo merupakan suatu kondisi di mana pusat keseimbangan Anda terganggu sehingga ruangan di mana Anda berada terasa berputar.

Selain keringat dingin, vertigo juga menyebabkan penglihatan seseorang mengabur, kesulitan untuk berjalan, kesemutan, telinga berdengung, susah berbicara dan lain sebagainya. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengalami keringat dingin akibat mual yang Anda rasakan.

Baca Juga: Cara menghilangkan biang keringat menggunakan bahan alami

Stres

Stres akibat pekerjaan atau tanggung jawab lain bisa jadi penyebab keringat dingin yang perlu Anda perhatikan.

Saat stres, otak dan organ dalam tubuh lainnya kesulitan untuk mendapat oksigen yang cukup. Hal itu bisa menyebabkan nyeri otot, muntah, dan rasa sakit yang tak dapat dijelaskan.

Jika tak segera diatasi dengan baik, stres bisa menyebabkan anxiety disorder atau masalah kesehatan lainnya.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengelola stres dengan baik. Bila perlu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter agar mendapat penanganan yang tepat.

Selanjutnya: Penyebab telapak tangan berkeringat dan cara mengatasinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru