CDC: 7 cara yang efektif menurunkan berat badan dan mempertahankannya

Senin, 26 April 2021 | 10:20 WIB Sumber: Kompas.com
CDC: 7 cara yang efektif menurunkan berat badan dan mempertahankannya


KESEHATAN - JAKARTA. Berat badan turun dan tidak naik lagi impian kebanyakan orang yang sedang menjalankan program diet. Ini cara yang efektif menurunkana berat badan dan mempertahankannya yang direkomendasikan oleh CDC. 

Ada banyak jenis diet dan suplemen penurun berat badan yang menjanjikan bisa menurunkan berat badan dengan cepat. 

Baca Juga: Ini aktivitas yang bisa membantu menurunkan berat badan

Sayangnya, sebagian besar tidak memiliki bukti ilmiah dan tidak direkomendasikan oleh para ahli, karena bisa menimbulkan masalah kesehatan. 

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) membuat daftar pedoman sederhana yang efektif untuk Anda ikuti, jika Anda ingin menurunkan berat badan dan mempertahankannya. 

"Kiat-kiat berikut adalah beberapa karakteristik umum di antara orang-orang yang berhasil menurunkan berat badan dan mempertahankan penurunan itu dari waktu ke waktu," kata CDC, merujuk data dari National Weight Control Registry. 

Berikut ini tujuh cara paling pasti untuk menurunkan berat badan Anda, menurut para ahli di CDC. 

1. Jangan melewatkan sarapan 

"Makan sarapan adalah kebiasaan umum di antara orang-orang yang mengalami penurunan berat badan dan mempertahankannya," kata CDC. 

"Makan sarapan yang sehat dapat membantu Anda menghindari rasa terlalu lapar dan kemudian makan berlebihan di waktu makan selanjutnya." 

2. Bersikap realistis, tetapi kurangi asupan kalori 

"Anda telah memulai gaya hidup yang lebih sehat, sekarang tantangannya adalah mempertahankan kebiasaan makan positif yang telah Anda kembangkan selama ini," kata CDC. 

"Dalam penelitian tentang orang yang telah menurunkan berat badan dan mempertahankannya setidaknya selama satu tahun, sebagian besar terus makan makanan yang lebih rendah kalori dibandingkan dengan diet sebelum penurunan berat badan." 

Organisasi tersebut merujuk pada studi yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, yang melacak pengelolaan berat badan jangka panjang pada orang-orang yang berhasil mempertahankan berat badan selama satu hingga lima tahun. 

3. Makan secara konsisten 

"Ikuti pola makan yang sehat terlepas dari perubahan dalam rutinitas Anda," kata CDC. "Buat rencana makan sehari sebelumnya untuk akhir pekan, liburan, dan acara-acara khusus. 

Dengan membuat rencana, kemungkinan besar Anda akan tetap mengonsumsi makanan sehat, meski rutinitas berubah."

4. Latihan selama 60-90 menit 

"Orang yang telah menurunkan berat badan dan mempertahankannya biasanya melakukan aktivitas fisik intensitas sedang selama 60-90 menit hampir setiap hari dalam seminggu, dan juga tidak melebihi kebutuhan kalori," kata CDC. 

"Ini tidak selalu berarti 60—90 menit pada satu waktu. Bisa berarti 20—30 menit aktivitas fisik tiga kali sehari. Misalnya, jalan cepat di pagi hari, saat makan siang, dan malam hari.” 

Beberapa orang mungkin perlu berbicara dengan dokter sebelum menjalani aktivitas fisik ini.

5. Rutin timbang berat badan 

CDC menyarankan untuk menimbang berat badan secara teratur. Saat mengelola penurunan berat badan, sebaiknya lacak berat badan Anda, sehingga Anda dapat membuat rencana penurunan berat badan yang sesuai dan menyesuaikan pola makan dan olahraga sesuai kebutuhan. 

“Jika berat badan Anda naik beberapa kilo, segera kembali ke jalur yang benar." 

6. Lacak kemajuan Anda 

"Membuat jurnal makanan dan aktivitas fisik dapat membantu Anda melacak kemajuan dan melihat tren," kata CDC. 

"Misalnya, Anda mungkin memerhatikan bahwa berat badan Anda naik selama periode ketika Anda melakukan banyak perjalanan bisnis atau ketika Anda harus bekerja lembur.” 

Mengenali kecenderungan ini dapat menjadi sinyal untuk mencoba perilaku yang berbeda, seperti mengemas makanan sehat untuk dimakan di pesawat dan meluangkan waktu untuk menggunakan fasilitas olahraga hotel saat Anda bepergian. 

Atau jika bekerja lembur, cobaah meluangkan waktu istirahat untuk olahraga jalan cepat di sekitar gedung. 

7. Carilah dukungan untuk membantu 

"Orang yang berhasil menurunkan berat badan dan mempertahankannya seringkali  mengandalkan dukungan dari orang lain, untuk membantu mereka tetap pada jalur dan mengatasi 'masalah'," kata CDC. 

"Terkadang memiliki teman atau pasangan yang juga sedang berusaha menurunkan berat badan dapat membantu Anda tetap termotivasi."

Selamat mencoba. (Bestari Kumala Dewi) 

Baca Juga: Ingin langsing? Ini 6 minuman yang bisa membantu menurunkan berat badan

Selanjutnya: 10 Aktivitas pagi yang bisa membantu menurunkan berat badan

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "CDC: 7 Cara Efektif Menurunkan Berat Badan dan Mempertahankannya", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru