Cegah kanker, ini 5 manfaat daun salam untuk kesehatan

Kamis, 29 Juli 2021 | 08:08 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cegah kanker, ini 5 manfaat daun salam untuk kesehatan

ILUSTRASI. Manfaat daun salam bisa didapat jika Anda menggunakannya secara rutin.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Biasanya, daun salam digunakan untuk meningkatkan cita rasa makanan. Namun, tahukah Anda bahwa ada segudang manfaat daun salam yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh Anda? Tentu saja khasiat bahan alami itu berasal dari nutrisi yang ada di dalamnya.

Melansir Twigs Naturals (twigsnaturals.com), daun salam dapat Anda gunakan untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Alasannya karena daun salam mengandung antioksidan, linalool, katekin, dan senyawa-senyawa penting yang lain.

Kandungan itulah yang membantu tubuh melawan radikal bebas yang memicu pertumbuhan sel kanker. Selain mencegah pertumbuhan sel kanker, manfaat-manfaat ini juga bisa Anda dapat. Supaya manfaat bisa Anda dapat dengan maksimal, konsultasikan dulu dengan dokter sebelum rutin mengonsumsinya.

Mengontrol Gula Darah

Bagi penderita diabetes, cobalah untuk mengonsumsi daun salam secara rutin. Bukan tanpa alasan, kandungan dalam bahan alami itu mampu mengontrol jumlah gula darah dalam tubuh. Tidak hanya itu, mengonsumsi daun salam juga mampu meningkatkan fungsi reseptor insulin.

Baca Juga: 4 Teh herbal yang efektif membantu menurunkan asam urat tinggi

Merawat Kesehatan Rambut

Manfaat daun salam berikutnya yang bisa Anda dapat adalah bahan alami itu berguna untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut. Jika Anda memiliki masalah kulit kepala kering atau ketombe cobalah untuk memakai air rebusan daun salam tiap selesai mencuci rambut dengan sampo.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Twigs Naturals mengatakan bahwa daun salam dapat dipakai untuk menjaga sistem pencernaan. Mulai dari mengobati sakit perut, membantu tubuh mencerna jenis protein tertentu dan meningkatkan penyerapan nutrisi.

Tidak berhenti sampai di situ, daun salam juga mampu meningkatkan produksi urin dan menstimulasi Anda untuk muntah. Manfaat itu berguna saat Anda tidak sengaja mengonsumsi makanan atau minuman yang berbahaya untuk kesehatan tubuh Anda.

Baca Juga: 4 Efek samping daun sirih, bisa sebabkan kecanduan, lo

Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat daun salam adalah menjaga kesehatan jantung.

Tahukah Anda bahwa mengonsumsi daun salam dapat menjaga kesehatan jantung? Manfaat daun salam itu berasal dari rutin dan senyawa-senyawa yang lain. rutin berfungsi untuk meningkatkan kekuatan dinding jantung. Sedangkan senyawa lain bertugas untuk membersihkan kolesterol yang mengganggu.

Meredakan Stres

Stres yang Anda alami dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit. Salah satu cara meredakan stres yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan daun salam. Gunakan bahan alami itu sebagai aromaterapi. Seiring berjalannya waktu, hormon stres Anda dapat berkurang.

Selanjutnya: 4 Manfaat daun binahong, bisa meredakan nyeri haid

Editor: Belladina Biananda
Terbaru