Cocok untuk diabetes, cek 4 manfaat jeruk nipis ini

Selasa, 13 Juli 2021 | 11:41 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cocok untuk diabetes, cek 4 manfaat jeruk nipis ini

ILUSTRASI. Anda bisa mendapat banyak manfaat jeruk nipis jika memakainya secara rutin.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jeruk nipis biasanya digunakan untuk meningkatkan cita rasa makanan atau minuman. Namun, tahukah Anda bahwa ada banyak manfaat jeruk nipis untuk kesehatan? Khasiat jeruk nipis berasal dari berbagai macam nutrisi yang ada di dalamnya.

Twigs Cafe (twigscafe.com) mengatakan bahwa jeruk nipis dipenuhi dengan air dan vitamin C. tidak berhenti sampai di situ, masih banyak nutrisi lain yang dimiliki jeruk nipis. Mulai dari serat, kalsium, magnesium, fosfor, antioksidan, dan lain-lain.

Cobalah untuk mengonsumsi jeruk nipis secara rutin. Namun, pastikan untuk melakukan konsultasi dulu dengan dokter, ya. Hal itu perlu Anda lakukan untuk menghindari efek samping yang mungkin terjadi. Apalagi jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus.

Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat jeruk nipis yang pertama adalah mencegah penyakit jantung. Jenis serat yang terkandung dalam jeruk nipis efektif mengurangi jumlah kolesterol jahat yang menghalangi aliran darah. Selain itu, serat juga mampu meredakan peradangan sehingga tekanan darah lebih terkontrol. Hal itu berpengaruh pada kesehatan jantung.

Baca Juga: Minum segelas air jeruk nipis secara rutin, asam urat tinggi kandas

Mengatasi Sembelit

Apakah Anda sering mengalami sembelit? Jika iya, cobalah untuk membiasakan diri mengonsumsi jeruk nipis. Zat asam yang terkandung dalam jeruk nipis bisa membersihkan saluran pencernaan sehingga jadwal buang air besar dapat lebih lancar.

Mengontrol Gula Darah

Salah satu manfaat jeruk nipis adalah mengontrol jumlah gula darah.

Bagi penderita diabetes, cobalah untuk mengonsumsi jeruk nipis secara rutin. Kandungan dalam jeruk nipis dapat memaksimalkan penyerapan gula dalam darah. Dengan begitu, jumlah gula darah bisa lebih terkontrol. Meski demikian, bukan berarti jeruk nipis bisa menggantikan obat diabetes yang diresepkan dokter, ya.

Baca Juga: Ramuan herbal lemon dengan bawang putih efektif menurunkan kolesterol tinggi

Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat jeruk nipis berikutnya yang bisa Anda dapatkan adalah bahan alami itu mampu menjaga kesehatan kulit Anda. Melansir Twigs Cafe, khasiat itu datang dari vitamin C, antioksidan, antibiotik, dan nutrisi-nutrisi lain dalam jeruk nipis.

Anda bisa menggunakan jeruk nipis secara langsung. Dengan pemakaian rutin, sel kulit mati dan jenis kotoran lain penyebab masalah kulit bisa dibersihkan. Namun, karena mengandung zat asam tinggi, cobalah untuk mengencerkannya dulu dengan air. Apalagi jika Anda memiliki tipe kulit sensitif.

Selanjutnya: Moms, Ini 5 Buah yang Bisa Membantu Menurunkan Kolesterol

Editor: Belladina Biananda
Terbaru