Dapat mencegah kanker, inilah manfaat buah nangka untuk kesehatan

Sabtu, 26 Desember 2020 | 10:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Dapat mencegah kanker, inilah manfaat buah nangka untuk kesehatan


KESEHATAN - JAKARTA. Ada banyak bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk menjaga kesehatan. Salah satunya adalah buah nangka. Manfaat buah nangka berasal dari berbagai macam nutrisi yang ada di dalamnya.

Dalam buah nangka, Anda bisa mendapat vitamin B6, vitamin A, zinc, vitamin C, kalsium, zat besi, dan folat. Mengutip dari Lifehack (lifehack.org), terdapat 303 g potasium dalam 100 g buah nangka. Tak hanya itu, buah nangka juga memiliki kalori yang rendah, yaitu 94 kalori dalam 100 g nangka.

Hal tersebut menunjukkan bahwa buah nangka cocok dikonsumsi saat Anda ingin menurunkan berat badan. Tak berhenti sampai di situ, jenis buah tersebut juga mengandung phytonutrient yang berperan sebagai antiinflamasi dan antikanker.

Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Seperti yang telah dikatakan, nangka memiliki kandungan antikanker sehingga mampu mencegah pertumbuhan sel kanker paru-paru, payudara, prostat, dan lain-lain. Kemampuan itu masih dimaksimalkan dengan adanya vitamin C dan antioksidan.

Baca Juga: Ingin menurunkan berat badan? Coba 5 makanan untuk diet terbaik ini, yuk

Kandungan-kandungan tersebut mampu kerusakan sel dan meningkatkan kekuatan tubuh untuk melawan pertumbuhan sel kanker. Ada banyak cara mengolah nangka yang bisa Anda coba untuk mendapat manfaat buah nangka itu. Namun, pastikan untuk mengolahnya tanpa pemanis buatan, ya.

Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat buah nangka adalah menurunkan berat badan.

Selain memiliki kalori yang sedikit, buah nangka juga mengandung lemak yang tak terlalu banyak. Dengan begitu, jenis buah ini cocok dikonsumsi untuk Anda yang ingin mengurangi berat badan, apalagi jika Anda menderita obesitas.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Lifehack mengatakan bahwa manfaat buah nangka berguna untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Hal itu disebabkan karena jenis buah tersebut mengandung cukup banyak serat. Dalam 100 g nangka, Anda bisa mendapat serat sebanyak 3.6 g.

Baca Juga: Kaya zat besi, inilah 3 minuman penambah darah

Dengan mengonsumsi buah nangka secara rutin, Anda akan buang air besar lebih lancar. Selain itu, kondisi usus juga bisa terjaga karena jenis buah ini mampu membantu mengeluarkan zat kimia karsinogenik dari usus besar.

Mengatasi Susah Tidur

Susah tidur atau insomnia adalah salah satu gangguan kesehatan yang dialami oleh banyak orang. Namun, masalah itu bisa Anda atasi dengan mengonsumsi buah nangka. Magnesium dan zat besi bisa meningkatkan kualitas tidur Anda dan mampu mengobati anemia yang Anda rasakan.

Selanjutnya: 5 Manfaat cengkeh sebagai obat herbal untuk sakit gigi sampai lambung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru