Efektif dan mudah dilakukan, inilah 4 cara membasmi rayap

Kamis, 04 Maret 2021 | 13:36 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Efektif dan mudah dilakukan, inilah 4 cara membasmi rayap

ILUSTRASI. Ada beberapa bahan yang bisa Anda manfaatkan sebagai cara membasmi rayap.


RUMAH - Cara membasmi rayap perlu segera Anda lakukan supaya kondisi rumah dan perabotan di dalamnya tidak rusak. Biasanya, rayap lebih suka menyerang perabotan atau ornamen rumah yang terbuat dari kayu.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk selalu mengecek kondisi sekeliling rumah. Jika Anda menemukan segerombolan rayap yang mulai menyerang rumah dan perabotan, segera gunakan pembasmi rayap.

Ada banyak produk anti rayap yang bisa Anda coba. Mulai dari bahan kimia hingga bahan-bahan alami di sekitar Anda. Dengan memanfaatkan bahan-bahan tersebut, rayap yang menyerang rumah Anda bisa dibasmi secara maksimal.

Borat

Salah satu cara membasmi rayap yang cukup efektif adalah dengan menggunakan borat. Mengutip dari Varsity Termite and Pest Control, Anda hanya perlu menyebar bubuk borat di area yang diserang rayap.

Selain itu, Anda pun dapat mencampur borat dengan air lalu masukkan ke botol semprot. Semprotakan campuran itu pada area rumah yang diserang rayap. Jangan lupa untuk mengulangi langkah tersebut beberapa kali supaya rayap bisa benar-benar hilang.

Baca Juga: Tips Cegah Rayap saat Musim Penghujan, Mudah dan Bikin Perabot Aman

Cuka

Tidak hanya borat, Anda bisa memanfaatkan cuka supaya rayap bisa cepat hilang. Anda perlu mencampur ½ gelas cuka dengan air perasan dua lemon.

Setelah itu, tempatkan pada botol dan semprotkan pada sarang rayap. Zat asam yang terkandung dalam dua bahan tersebut mampu membasmi rayap secara maksimal.

Minyak jeruk

Salah satu cara membasmi rayap adalah dengan minyak jeruk.

Cara membasmi rayap selanjutnya bisa Anda coba dengan memakai minyak jeruk. Kandungan dalam jenis minyak itu mampu merusak eksoskeleton rayap sehingga kelembaban dan protein yang dimiliki rayap berkurang. Akhirnya, rayap pun mati.

Tidak hanya berguna untuk membasmi rayap, Varsity Termite and Pest Control mengatakan, minyak jeruk juga bisa Anda manfaatkan sebagai langkah pencegahan. Anda hanya perlu menyemprotkan minyak jeruk di area yang berpotensi diserang rayap secara rutin.

Baca Juga: Tips mencegah rayap menyerang rumah Anda

Kardus basah

Cara menghilangkan rayap pun dapat Anda lakukan dengan memakai kardus basah. Letakkan kardus basah di satu titik yang bisa didatangi rayap dengan mudah. Setelah rayap terkumpul, bakar kardus tersebut.

Selanjutnya: 5 Cara menghilangkan rayap terbaik ini patut Anda coba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru