Fakta di Balik Penamaan Omicron dan Gejala Varian Baru Virus Corona Ini

Rabu, 22 Desember 2021 | 14:07 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Fakta di Balik Penamaan Omicron dan Gejala Varian Baru Virus Corona Ini

ILUSTRASI. Fakta menarik di balik penamaan Omicron serta gejala yang muncul jika terinfeksi varian baru virus corona ini.


KONTAN.CO.ID - Virus corona baru terus mengalami mutasi sehingga memunculkan berbagai varian. Yang terbaru adalah varian Omicron. Kenali gejala varian baru virus corona ini. 

Setiap varian SARS-CoV-2 memiliki nama yang berbeda yang diambil dari bahasa Yunani, mulai dari Alpha, Beta, Delta, Mu, dan yang terbaru adalah Omicron. 

Varian yang paling baru ini merupakan varian ke-13 dan masuk dalam kategori varian yang diwaspadai atau variant of concern (VoC). 

Bersumber dari Instagram Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek), Omicron adalah nama huruf ke-15 dalam abjad Yunani. 

Hal ini merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) V Daring. Abjad ke-15 bahasa Yunani tersebut memiliki simbol "Oo". 

Baca Juga: Hak-hak Pekerja Perempuan Sesuai UU No 13 Tahun 2003, Sudah Ada yang Anda Ketahui?

Menariknya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sengaja tidak menggunakan huruf ke-13 yaitu Nu dan ke-14 atau Xi untuk menamai varian ke-13 virus corona. 

WHO menjelaskan, jika menggunakan huruf Nu justru akan membuat bingung masyarakat karena penyebutannya terdengar seperti kosakata bahasa Inggris "new" yang berarti baru. 

Sedangkan huruf ke-14 bahasa Yunani, Xi tidak digunakan untuk menghindari spekulasi apapun. Sebab, Xi umum digunakan sebagai nama keluarga di China. 

Gejala varian Omicron

Varian Omicron atau B.1.1529 saat ini sudah masuk ke Indonesia. Total kasus yang sudah ditemukan hingga saat ini sebanyak 5 kasus. 

Melansir dari Instagram Kementerian Kesehatan (Kemenkes), kasus varian baru ini pertama kali terdeteksi pada 15 Desember 2021. 

Varian Omicron ditetapkan oleh WHO sebagai VoC karena penyebarannya sangat cepat. Hal ini terbukti dengan massifnya penyebaran varian Omicron di Inggris yang semula 10 kasus per hari menjadi 70.000 kasus per hari. 

Baca Juga: Gejala KIPI setelah Vaksin Covid-19 pada Anak Usia 6-11 Tahun dan Cara Menanganinya

Gejala yang ditimbulkan jika seseorang terinfeksi varian Omicron, mengutip dari situs covid.joinzoe.com, adalah:

  • Demam
  • Batuk
  • Anosmia atau kehilangan kemampuan membaui
  • Hidung berair atau pilek
  • Pusing
  • Kelelahan baik ringan maupun menengah
  • Bersin-bersin
  • Sakit tenggorokan

Agar terhindar dari varian Omicron, masyarakat diimbau untuk tidak panik dan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. 

Selain protokol kesehatan, masyarakat juga diimbau untuk segera melakukan vaksinasi Covid-19 dan tidak bepergian ke luar negeri jika tidak ada keperluan mendesak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru