Fenomena Akhir Pekan Ini, Ada Gerhana Matahari Sebagian dan Konjungsi Venus-Jupiter

Sabtu, 30 April 2022 | 11:18 WIB   Penulis: Arif Budianto
Fenomena Akhir Pekan Ini, Ada Gerhana Matahari Sebagian dan Konjungsi Venus-Jupiter

ILUSTRASI. Fenomena Akhir Pekan Ini, Ada Gerhana Matahari Sebagian dan Konjungsi Venus-Jupiter


KONTAN.CO.ID - Fenomena akhir pekan ini, ada gerhana Matahari sebagian dan konjungsi Venus-Jupiter. Gerhana Matahari sebagian akan terjadi pada hari ini juga (30/04/2022), sementara konjungsi Venus-Jupiter menyusul di hari berikutnya (01/05/2022).

Akhir pekan ini kita bakal disuguhkan fenomena astronomi yang menghasi langit malam. Meskipun tidak terjadi di semua wilayah di seluruh dunia, tetapi informasinya menarik untuk diikuti.

Dimulai dari gerhana Matahari sebagian yang bakal terlihat di beberapa negara. Melansir CNET (27/04/2022), gerhana matahari sebagian akan terjadi ketika Matahari terbenam.

Ilustrasi: Gerhana Matahari sebagian

Baca Juga: Gerhana Matahari Sebagian Akan Terlihat Akhir Pekan di Wilayah Ini

Saat terbenam di barat pada malam tanggal 30 April, Matahari akan tampak gerhana sebagian di wilayah yang langitnya di beberapa negara seperti berikut ini:

  • Chili
  • Argentina
  • Uruguay
  • Paraguay
  • Bolivia
  • Peru
  • Brazil

Buat yang belum tahu, gerhana Matahari terjadi ketika bulan bergerak di antara Matahari dan Bumi. Bulan terlihat menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari di langit Bumi.

Sementara itu, gerhana Matahari sebagian terjadi ketika Bulan berada tidak tepat di tengah-tengah garis antara Matahari dan Bumi. Fenomena ini biasanya terlihat di banyak titik di luar gerhana total atau cincin.

Lalu, seperti apa fenomena konjungsi Venus-Jupiter yang akan terjadi hari berikutnya?

Puncak konjungsi Venus-Jupiter terjadi menjelang Hari Raya Idul Fitri, tepatnya pada tanggal 1 Mei 2022. 

Menurut penjelasan Badan Riset dan Inovasi Nasional melalui Pusat Riset Antariksa mengungkapkan seperti apa fenomena konjungsi Venus-Jupiter ini.

Definisi konjungsi dalam istilah astronomi adalah sebuah peristiwa yang terjadi saat sudut (elongasi) suatu benda langit dengan yang lainnya sama dengan nol derajat, umumnya ketika diamati dari Bumi.

Pada saat tertentu, konjungsi juga dapat menyebabkan terjadinya gerhana Matahari.

BRIN, melalui Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa/ Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN) membagikan informasi terkait fenomena ini lewat akun Instagram resminya.

Baca Juga: Puncak Konjungsi Venus-Jupiter Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Fenomena Apakah Itu?

Andi Pangerang dari Pusat Riset Antariksa mengungkapkan lebih detail kapan konjungsi Venus-Jupiter ini terjadi.

Puncak konjungsi Venus-Jupiter ini dapat disaksikan dari arah timur saat bersantap sahur pukul 03.30 waktu setempat. Fenomena ini berlangsung hingga 25 menit ebelum Matahari terbit.

Dalam simulasi citra yang ditampilkan, planet Venus dan Jupiter terlihat sejajar.

Bukan yang pertama kali, konjungsi Venus-Jupiter ini pernah terjadi pada 25 November 2018 dan 12 Februari 2021 lalu. Sementara itu, fenomena serupa akan kembali terjadi pada 2 Maret 2023 dan 24 Mei 2024 mendatang.

Nah, itu dia fenomena astronomi yang terjadi akhir pekan ini. Mana yang paling Anda tunggu? Siapkan diri Anda untuk melihat indahnya pemandangan langit mulai nanti malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru